Dukung Budaya Literasi, TIKI Salurkan Ribuan Buku Bacaaan Anak

share to whatsapp




Donasi Buku TIKI

PT Citra Van Titipan Kilat (“TIKI”), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia, kembali mengajak para pelanggannya untuk mendukung literasi baca anak Indonesia dengan mengumpulkan buku anak-anak yang layak baca untuk disalurkan ke sekolah-sekolah dasar yang tidak memiliki perpustakaan.

Melalui program #PeduliBudayaBacaAnakBangsa, TIKI bekerjasama dengan Taman Baca Inovator dalam penyaluran buku yang rencananya akan disalurkan ke sekolah dasar di wilayah Jabodetabek dan kelompok komunitas pegiat literasi. Pengumpulan buku dilakukan dari awa l Mei hingga akhir Juni 2019 di gerai TIKI pusat yang berada di Jakarta dan total buku yang terkumpul mencapai sekitar 1.200 buku bacaan dan pelajaran anak.

Penyerahan buku dilakukan secara langsung oleh Rocky Nagoya, Sales & Marketing Director TIKI kepada Yessi Chandra, Ketua Yayasan Taman Baca Inovator bertempat di Sekolah Dasar Dinamika Indonesia, Jalan Ciketik Udik – Bantar Gebang, Bekasi Timur. TIdak hanya buku, TIKI juga memberikan donasi uang sebesar Rp 10.000.000 yang dapat digunakan untuk keperluan penambahan pembelian buku taman baca/perpustakaan. Dalam sambutannya, Rocky Nagoya, Sales & Marketing Director TIKI menyampaikan,

“Minat baca harus dibangun sejak usia dini dan harus difasilitasi dengan menyediakan berbagai buku bacaan yang menarik dan mendidik untuk anak-anak. Hanya saja tidak semua anak memiliki kesempatan untuk membeli buku, Untuk didistribusikan segera dan di sisi lain masih banyak sekolah dasar atau lingkungan masyarakat yang belum memiliki perpustakaan. Hal ini yang menginspirasi TIKI untuk bekerjasama dengan yayasan sosial dan mengajak para pelanggannya beberapa tahun terakhir ini untuk mengumpulkan buku-buku baru maupun bekas yang layak baca untuk disalurkan ke perpustakaan atau taman bacaan.”

Lebih lanjut, Titi memberikan apresiasi kepada para pelanggan TIKI yang telah berpartisipasi dalam program #PeduliBudayaBacaAnakBangsa ini dan ia berharap ke depannya program seperti ini dapat diikuti oleh para mitra gerai TIKI lainnya di seluruh Indonesia.

Sementara Yessi Chandra, Ketua Yayasan Taman Baca Inovator mengatakan,

“Taman Baca Inovator memiliki visi membangun taman baca untuk anak-anak usia 4 hingga 12 tahun yang merupakan masa pertumbuhan emas anak, untuk menambah minat baca di kalangan anak-anak. Kami sangat senang menggandeng sebanyak-banyaknya mitra perusahaan seperti TIKI yang memiliki visi dan misi yang sama dengan kami untuk membangun partisipasi aktif masyarakat. Saat ini Taman Baca Inovator memiliki 31 taman bacaan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sekitar 13 taman bacaan telah dilepas oleh yayasan untuk dikelola masyarakat setempat dengan tujuan membangun tanggung jawab bersama dalam menjaga taman bacaan untuk kepentingan anak-anak mereka.

Selain dengan Taman Baca Inovator, TIKI juga sebelumnya telah bekerjasama dengan Yayasan Pengembang Perpustakaan Indonesia dan 1001 Buku untuk membangun literasi baca anak Indonesia. Selain Pendidikan, TIKI memfokuskan tanggung jawab perusahaan di bidang sosial antara lain Program Peduli Air bersama dengan The Joy of Children pada 2016, santunan regular untuk anak yatim, tunanetra dan para janda.


share to whatsapp