Ini Cara Menentukan Jarak dari Rumah ke Sekolah Tujuan Menggunakan Smartphone dan Komputer

share to whatsapp




cara mengukur jarak sekolah sistem zonasi

Bagi para orangtua siswa secara umum, sistem zonasi mungkin masih menjadi pertanyaan untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah tujuan. Pertanyaan umum yang dikemukakan biasanya adalah bagaimana cara menentukan jarak dari rumah ke sekolah, berapakah skor jarak anak dari rumah ke sekolah dan lain sebagainya.

Hal tersebut mungkin juga jadi lebih terasa membingungkan bagi orang tua yang sebelumnya tidak tahu bagaimana cara menentukan sendiri jarak dari rumah ke sekolah tujuan dengan aplikasi yang sudah ada.

Berikut ini tutorial cara menentukan jarak rumah ke sekolah tujuan dengan menggunakan aplikasi google maps baik pada perangkat smartphone android maupun dengan menggunakan komputer.

Berikut ini cara menentukan jarak dari rumah ke sekolah tujuan dalam PPDB Sistem Zonasi yang dilansir dari https://ppdb.bandung.go.id:

1. Menentukan jarak dengan menggunakan smartphone android
Bagi para orang tua yang ingin menghitung jarak dari rumah ke sekolah tujuan dengan menggunakan smartphone android cukuplah mudah. Pertama, Anda masuk ke dalam aplikasi google maps di perangkat android, biasanya sudah ada di aplikasi bawaan Android. Bila belum ada aplikasi Google Maps, silakan unduh dan install DI SINI.

Setelah masuk ke dalam aplikasi google maps. Selanjutnya tentukan lokasi rumah Anda. Contohnya, lokasi rumah anak Anda ada di Jln. Kacapiring, Kota Bandung dan akan mengukur jarak ke sekolah terdekat yaitu sekolah SMP Negeri 20 Bandung.

Pada aplikasi google maps tekan dan tahan jari anda pada lokasi rumah yang telah Anda tentukan. Setelah muncul point lokasi berwarna merah, klik tombol / tanda Info Selengkapnya lalu klik tombol  Selanjutnya arahkan pointer ke sekolah tujuan dengan cara menggeser peta google maps sampai pada lokasi sekolah tujuan.

Jika sudah, maka pada bagian bawah aplikasi google maps terdapat keterangan 322 m yang artinya jarak garis lurus antara rumah Anda dengan sekolah tujuan adalah sejauh 322 meter. Dan angka tersebut dapat dijadikan acuan anda dalam menentukan jarak dari rumah ke sekolah tujuan.

2. Menentukan jarak dengan menggunakan komputer
Untuk cara menghitung jarak rumah ke sekolah tujuan dengan menggunakan komputer, caranya sama mudahnya dengan cara sebelumnya. Yaitu Anda hanya perlu mengakses situs halaman google maps dengan cara mengetikan alamat https://maps.google.com atau https://www.google.com/maps pada address bar web browser komputer.

Ketik alamat lokasi tempat rumah Anda berada pada kolom Search Google Maps. Contohnya, rumah Anda di Jln. Kacapiring, Kota Bandung dan tujuan sekolah adalah ke SMP Negeri 4 Bandung.

Setelah muncul pin berwarna merah, lalu perbesar petanya dan tentukan titik tepat rumah Anda berada. Dengan cara klik kanan pada peta lalu pilih menu Measure Distance. Setelah muncul titik point berwarna hitam dan keterangan Click on the map to trace path you want to measure pada peta, lalu arahkan peta ke sekolah tujuan.

Setelah Anda mengeklik satu kali pada letak sekolah tujuan, maka akan muncul keterangan bahwa jarak rumah Anda ke sekolah tujuan yaitu (SMP Negeri 4 Bandung) adalah sejauh 563,86 m. Yang artinya, jarak garis lurus antara rumah Anda dengan sekolah tujuan adalah sejauh 563,86 meter. Angka tersebut dapat dijadikan acuan Anda dalam menentukan jarak dari rumah ke sekolah tujuan. Cara lainnya sebagai taksiran jarak bisa dengan menggunakan pencarian Google dengan mengetikkan "Jarak rumah (isi lokasi rumah Anda) dengan SMPN (isi nama sekolah) Bandung." Selamat mencoba!