Bumi Disabilitas, Yayasan Anak Disabilitas Pertama di Indonesia

share to whatsapp




Bumi Disabilitas di Cimaung

Memperingati hari anak nasional Komunitas Bumi Disabilitas mengadakan acara untuk anak disabilitas. Kegiatan mengangkat tema membawa dunia untuk anak-anak disabilitas. Adapun kegiatan utama yang dilaksanakan diantaranya senam ceria ABK, melukis gouache, bimbingan spiritual untuk orangtua, dan membuat batik.

Acara ini merupakan kegiatan rutin yang  baru dimulai sejak 2 tahun terakhir ini. Dalam acara ini bumki9 disabilitas mengundang kurang lebih 27 komunitas. Bahkan salah satunya berasal dari organisasi dunia IEASEC yang diwakili dari 6 negara yaitu Swiss, Belanda, Spanyol, Italia, Jerman, Thailand.

Bumi Disabilitas merupakan organisasi yang mulai dirintis pada tahun 2013. Diawali dari kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan oleh Yuni Widiawati sang pendiri. Mulai rutin menjalankan kegiatan bersama anak disabilatas hingga akhirnya menjadi sebuah komunitas peduli anak disabilitas.

Berbeda dengan komunitas lainnya yang sekadar melakukan sosialisasi, bumi disabilitas terjun langsung berbaur dengan anak-anak disabilatas yang berbeda di Kecamatan Cimaung. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi terapi untuk anak dan bimbingan untuk orang tua, untuk menunjang kegiatan tersebut. Bumi Disabilitas sudah memiliki kurang lebih 300 volunteer.

Bumi Disabilitas baru mendapatkan perhatian dari pemerintah setelah sang pendiri menjadi juara pada ajang pemuda pelopor dan mendapat bantuan dari pemerintah berupa pembuatan izin yayasan.
Instansi pemerintah yang hadir antara lain dispora jabar, dan Kabupaten Bandung, juga dari dinas sosial setempat.

Namun permasalahan yang sekarang dihadapi oleh Bumi Disabilitas adalah tempat kegiatan yang selama ini berlokasi di Vila Tjawene yang disediakan secara gratis oleh sang pemilik, dalam beberapa waktu ke depan akan segera dijual. (Pers Sekolah SMAN 1 Banjaran)