Desa Sukapura Dipilih Jadi Kampung Cyber di Kabupaten Bandung

share to whatsapp




Cyber Village Desa Sukapura Bandung

Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berkembang pesat, ditandai dengan kehadiran media baru yaitu internet. Internet telah mempermudah manusia untuk menyebarluaskan dan menerima atau mencari informasi tanpa terikat batas negara dalam lingkup Internasional.

Untuk menunjang program Kabupaten Bandung menuju "Bandung Seribu Kampung", Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfo) Kabupaten Bandung, salah satu instansi yang ditugaskan membina Desa Sukapura, Kecamatan Dayeuhkolot, menjadi salah satu yang terpilih sebagai Kampung Cyber, dikarenakan lokasinya dekat dengan Universitas Telekomunikasi, yang diharapkan dapat membantu mewujudkan program Kampung Cyber tersebut.

Percontohan Kampung Cyber
Kepala Diskominfo Kabupaten Bandung Ir. Hj. Atih Witartih, M.Si, usai acara Sosialisasi Internet Sehat Dalam Mendukung Smart Village di Kabupaten Bandung, yang digelar Diskominfo Kabupaten Bandung, di Desa Sukapura, Dayeuh Kolot Kabupaten Bandung, Kamis, 21 Maret 2019,
menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Bandung, ingin mengangkat Desa Sukapura menjadi percontohan sebagai Kampung Cyber, karena Kabupaten Bandung adalah Kabupaten yang terpilih sebagai Kabupaten percontohan dari 100 Kabupaten/Kota di Indonesia yang ditentukan sebagai Smart Village.

Smart Village yang diadopsi dari Smart City, mengedepankan tatanan kota yang dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat. Adapun yang menjadi andalan Kabupaten Bandung di dalam Smart City adalah, Aplikasi Open Sistem Informasi Desa (SID) berbasis web, yang bisa membantu desa untuk mempromosikan potensi-potensi yang ada di desanya, dan untuk Keterbukaan Informasi Publik.

Aplikasi Salaman
Kemudahan berinternet di zaman sekarang ini, juga memudahkan masyarakat dalam meningkatkan kesadaran publik untuk pengurusan administrasi kependudukan. Salah satunya dengan
dihadirkan aplikasi Salaman,  yaitu aplikasi berbasis mobile android dan website.

Salaman, Sistem Aplikasi Layanan Mandiri, memberikan kemudahan dalam pembuatan Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Cerai, dan surat pindah ke luar kota. Ke depannya, akan terintegrasi dari RW sampai Kecamatan.

Dalam kegiatan tersebut hadir Camat Dayeuh kolot yang diwakili Sekcam Dayeuh Kolot, Heru Kiatmo, Kepala Desa Sukapura, Kader PKK dan 100 orang peserta dari masyarakat Desa Sukapura.
Sebagai narasumber, yaitu:
1. Soni Fajar SG, Direktur BTP Telkom University;
2. Hansah Darmawan, S.T, Tenaga Ahli Pendamping Kecamatan;
3. Dudi Rustandi, M.I.Kom , Relawan TIK Kabupaten Bandung.


share to whatsapp