Pemilihan Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2019 Masuk Tahap 40 Finalis

share to whatsapp




Pemilihan Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2019

Setiap tahun, Ikatan Duta Bahasa dan Balai Bahasa Jawa Barat menyelenggarakan Pemilihan Duta Bahasa Jawa Barat untuk terus melahirkan generasi peduli bahasa. Tidak semua pemuda memiliki kepedulian terhadap perkembangan bahasa yang nyatanya dapat punah apabila tidak dilestarikan.

Duta Bahasa Pelajar hadir sebagai pelopor dan teladan bagi generasi muda untuk memberikan kontribusi nyata sebagai bentuk kepedulian dalam melestarikan salah satu budaya bangsa. Duta Bahasa ini dibagi menjadi 2 kategori yaitu kategori umum dan kategori pelajar. Untuk kategori pelajar sendiri,  Ikatan Duta Bahasa dan Balai Bahasa Jawa Barat baru saja menetapkan 40 besar finalis pada hari Sabtu, 7 September 2019 untuk maju ke tahap selanjutnya. Terdiri atas 20 orang putra dan 20 orang putri.

Seleksi Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat ini dimulai sejak 22 Juli - 25 Agustus 2019 untuk tahap pendaftaran yang meliputi seleksi berkas dan esai. Adapun tema esai yang disajikan yaitu "Membangun Generasi Cerdas Berliterasi Digital".

Seleksi pertama diikuti oleh 684 pelajar dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat . Kemudian disaring menjadi 120 besar. Peserta yang lolos 120 besar kemudian mengikuti seleksi tahap kedua yang meliputi tes UKBI (Uji Kemahiran Bahasa Indonesia), UKBA (Uji Kemahiran Bahasa Asing, menulis esai 3 bahasa, dan wawancara yang berlangsung di Hotel El Royale Jalan Merdeka No. 2 Bandung. Kemudian dari 120 besar disaring lagi menjadi 40 besar.

40 besar finalis ini akan mengikuti rangkaian acara pada tanggal 11-16 September 2019 mendatang. Rangkaian acara tersebut diantaranya taklimat dan pembekalan di Balai Bahasa Jawa Barat, Penampilan Bakat di Saung Angklung Udjo, dan Final di Hotel El Royale. 40 finalis ini otomatis tergabung dalam keluarga besar Ikatan Duta Bahasa Jawa Barat.

"Seorang duta bukan hanya orang yang berselempangkan samir, lebih dari itu seorang duta mengemban amanah yang harus dipegang dan memiliki tanggung jawab untuk melestarikan bahasa sebagai salah satu budaya bangsa. Melestarikan bahasa bukan amanah untuk duta bahasa saja, melainkan amanah bagi seluruh generasi bangsa sebagai sikap nasionalisme," ujar Zidni Zakiyyah, salah satu finalis putri pada Pemilihan Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2019. (Pers Sekolah SMAN 1 Banjaran)


share to whatsapp