Satu Dekade PKBM Bina Cipta Ujungberung, Menggerakkan Literasi Masyarakat

share to whatsapp




10 Tahun PKBM Bina Cipta Ujungberung

Minggu, 4 Agustus 2019, PKBM Bina Cipta Ujungberung menyelenggarakan acara syukuran dies natalis sepuluh tahun perjalanan lembaga pendidikan ini dalam membelajarkan masyarakat. PKBM yaitu Pusat Kagiatan Belajar Masyarakat yang berfungsi sebagai tempat masyarakat untuk terus belajar khususnya pendidikan non formal.

Dikelola pasangan suami-istri
Program-program yang diselenggarakan diantaranya Pendidikan Kesetaraan kejar Paket A, B dan C, TBM Rumah Baca Ujungberung, Kewirausahaan, dan pelatihan-pelatihan. PKBM yang telah berdiri sejak 2009 ini dikelola oleh pasangan suami istri Asep Sobana dan Santi Susilawati, serta didukung oleh seluruh keluarga untuk sama-sama menggerakkan masyarakat wilayah Kelurahan Cigending, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung.

PKBM Bina Cipta Ujungberung banyak meraih penghargaan diantaranya juara pertama tingkat Nasional kategori pengelola TBM, juara ketiga tingkat Nasional kategori tutor kesetaraan paket A apresiasi GTK PAUD dan Dikmas, juara pertama kategori tutor kesetaraan paket A, B, C  tingkat Kota Bandung empat tahun berturut-turut dari tahun 2014. Lembaga PKBM terbaik tingkat Kota Bandung 2019 serta PKBM terakreditasi A.

Kegiatan ini dihadiri oleh Heni Rohaeni dari Badan Akreditasi Nasional Provinsi Jawa Barat, Beben Mulyana mewakili Dinas Pendidikan Kota Bandung, Karna Suherman Lurah Cigending, Anita Yulia mewakili ECO Bambu, mahasiswa pemagangan 3 PLS Uninus, alumni warga belajar paket A, B, C serta masyarakat. Dalam sambutannya Heni Rohaeni mengapresiasi lembaga yang dikelola oleh pasangan yang konsisten dan berdedikasi terhadap dunia pendidikan non formal.

Kemitraan yang kuat
Sambutan selanjutnya Beben Mulyana menguatkan tugas-tugas mahasiswa yang akan dikerjasamakan serta mengapresiasi lembaga PKBM Bina Cipta Ujungberung yang telah banyak berprestasi dan banyak mengembangkan program. Karna Suherman selaku lurah mengungkapkan mengenai terjalinnya kemitraan yang kuat dan saling mendukung antara kelurahan dan PKBM Bina Cipta Ujungberung dan saat melihat warga belajar yang mengambil ijazah dengan usia lanjut ia mengungkapkan, "tidak ada kata terlambat untuk belajar."

Santi Susilawati selaku pengelola berharap agar PKBM Bina Cipta Ujungberung mampu menjadi pelopor di pendidikan masyarakat dan menjadikan masyarakat pembelajar dan literat. Saat ini, kualitas lulusan PKBM meningkatkan seperti tahun ini 5 orang berhasil diterima di SMA negeri 20 orang berhasil naik jabatan di kedinasan masing-masing, 5 orang masuk perguruan tinggi.

"Sepuluh tahun perjuangan panjang, PKBM Bina Cipta Ujungberung terus berupaya dalam mewujudkan masyarakat pembelajar." Kegiatan dimeriahkan oleh kehadiran alumni warga belajar paket A, B, C, unjuk kabisa, makan bersama dan foto bersama.