Inilah Para Pemenang Festival Literasi Sekolah (FLS) 2019 Tingkat SMA

share to whatsapp




Festival Literasi Sekolah 2019 Tingkat SMA

Lomba literasi pada Festival Literasi Sekolah (FLS) tahun 2019 tingkat SMA telah menelurkan para pemenang di bidang masing-masing, mulai dari Lomba Cipta Syair +, Cipta Cerpen, Cipta Meme, dan Cipta Komik+D. Mereka telah berjuang menuangkan karya orisinilnya dalam kegiatan yang berlangsung selama seminggu, sejak tanggal 24 hingga 29 Juli, di Bogor, Jawa Barat.

Dari empat kategori yang dilombakan, Provinsi Jawa Tengah berhasil meraih dua medali emas, yakni pada bidang:

Cipta Cerpen dan Cipta Komik
diraih oleh Gembong Hanum, siswa kelas 11 SMAN 1 Purworejo, dan Abigail Fulvian, siswa kelas 11 SMAN 1 Slawi.

Lomba bidang Cipta Meme
Medali emas diraih oleh Mochammad Yanuar Dwianto, siswa kelas 10 SMAN 2 Kuningan, Jawa Barat.

Lomba bidang Cipta Syair
medali emas diraih oleh Gary Neville, siswa kelas 12 SMAN 1 Sungai Liat, Provinsi Bangka Belitung.

Kegiatan FLS 2019 mendapat dukungan dan apresiasi dari berbagai kalangan, salah satunya adalah penerbit Mizan. Kehadiran Mizan dalam FLS ini, kata CEO Pastel Books, Benny Rhamdani, selain mendukung juga memberikan hadiah kepada para pemenang.

Para pemenang tahun ini akan diikutsertakan dalam program residensi. Dalam program ini, kata Benny, para pemenang akan menginap di rumah maestronya masing-masing agar dapat mengetahui kehidupan mereka lebih dekat. Ia mencontohkan, untuk pemenang karya cerpen, misalnya dapat meminta untuk menginap di rumah Pidie Baiq.

Acara penutupan ini, dihadiri antara lain, Kasudbid Peserta Didik Direktorat PSMA Juandanilsyah dan Kasi Kepribadian Direktorat PSMA Alex Firngadi. Selain itu, juga hadir para juri, antara lain, Dr. Iman Sudjudi, M.Sn dari FSRD ITB (Juri Komik), Ahmad Mahdi dari Taara Production Bandung (Juri Komik), Dianing Ratri dan M.Des., Ph.D dari FSRD ITB (Juri Komik), Beny Maulana dari Ciayo Komik (Juri Komik).

Selanjutnya, Dian Hartati, S.S. , M.Pd dari Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang (Juri Syair +D), Esha Tegar Putra dari Mizan Pustaka Bandung (Juri Syair +D), Dr. Naomi Haswanto Sianturi, M.Sn dari FSRD ITB (Juri Syair +D), dan Iman Soleh, M.Sn dari Institut Seni Budaya Indonesia (Juri Syair +D).

Turut hadir, juri lomba Meme terdiri dari Dr. Alvanov Zpalanzani, S.T. MM dari FSRD ITB, Firmanda Satria, M.Ds dari FSRD IT, Rinaldi Aditya Gratama, S.Ds, MBA dari FSRD ITB, dan Aninda Purnamasari, M.Ds dari FSRD ITB. Sedangkan dari lomba bidang cerpen, hadir Sinta Yudisia Wisudanti S.Psi, M.Psi dari Forum Lingkar Pena Jawa Timur, M. Irfan Hidayatullah, M.Hum dari Universitas Padjajaran Bandung, Maya Lestari Gf, S.Sos dari Kelas Kreatif Indonesia di Sumatera Barat, and Ziggy Z dari Mizan Pustaka Bandung.