Aqil Savik, Penjaga Gawang Muda Persib Calon Bintang Masa Depan

share to whatsapp




Aqil Savik penjaga gawang Persib

Pertandingan Persib VS Bali United pada Jumat, 26 Juli 2019 di Stadion Si Jalak Harupat adalah debut perdananya.  Pada pertandingan di Shopee Liga 1 2019 tersebut, ia memasuki memasuki lapangan di awal babak kedua untuk menggantikan I Made Wirawan yang cedera.

Nama lengkapnya Muchamad Aqil Savik atau lebih dikenal dengan panggilan Aqil Savik. Pemain Persib bernomor punggung 30 ini kelahiran 17 Januari 1999 yang berposisi sebagai penjaga gawang. Pada pertandingan lawan Bali United tersebut, A1il mencatat rekor sebagai penjaga gawang termuda saat menjalani debut bersama Persib sejak era Liga Super Indonesia yang mulai diputar tahun 2008.

Saat memasuki lapangan di awal babak kedua untuk menggantikan I Made Wirawan yang cedera, kiper kelahiran 17 Januari 1999 ini baru menginjak usia 20 tahun, 190 hari. Aqil mematahkan rekor penjaga gawang Persib dengan debut termuda yang sebelumnya dicatat Shahar Ginanjar saat Persib menjamu PSPS Pekanbaru, 27 Februari 2013. Saat itu, Shahar masih berusia 22 tahun, 115 hari.

Aqil Savik mulai menarik perhatian pencari bakat ketika tampil di Piala Soeratin tahun 2016 dan mengantarkan Persib U-17 finis di peringkat ketiga. Aqil menempuh pendidikan sepak bola dengan tergabung dengan Akademi Persib hingga tahun 2017. Pada awal musim 2018, Aqil dipromosikan untuk gabung ke tim senior Persib Bandung.

Dalam Kejuaraan Remaja U-18 AFF 2017 yang berlangsung di Myanmar, Aqil tergabung dengan Tim nasional U-19 sebagai penjaga gawang pilihan ketiga. Pada tahun 2018 di Kejuaraan Remaja U-18 AFF 2018, Aqil kembali tergabung dalam tim nasional U-19, kali ini sebagai penjaga gawang pilihan kedua.

Masuknya Aqil Savik ke dalam jajaran pemain muda Timnas itu meneruskan tren banyaknya pemain asli didikan Diklat Persib yang bersinar di level nasional seperti Gian Zola, Febri Hariyadi, dan Henhen Hedriana. Pelatih Kiper Persib Anwar Sanusi menilai Aqil Savik punya peluang menjadi kiper utama Maung Bandung di masa depan.

Akun instagram: @aqil_savik

-------------
Profil pemain Persib lainnya LIHAT DI SINI


share to whatsapp