Yayasan Salman ITB Bangun Masjid dan Rumah Sakit Salman Hospital di Soreang





Salman Hosiptal Soreang

Pemancangan tiang pertama Masjid Salman Rasidi dilakukan oleh Bupati Bandung Dadang M. Naser  pada Senin (20/5/2019). Masjid ini digagas Yayasan Pembina Salman (YPS) Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui Badan Wakaf Salman ITB yang berlokasi di Desa Sekarwangi, Kecamatan Soreang, Kab. Bandung.

Masjid awal pembangunan kompleks rumah sakit
Masjid yang mengawali pembangunan Kompleks Rumah Sakit (RS) Salman Hospital tersebut, akan mendorong pembangunan spiritual masyarakat Kabupaten Bandung. Menurut Dadang faktor kesehatan, baik jasmani maupun spiritual, turut berkontribusi terhadap peningkatan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Bandung.

Pembangunan masjid tersebut diperkirakan memakan waktu hingga delapan bulan. Namun demikian dirinya berharap bisa dipercepat, agar dapat menjadi pusat kegiatan umat dan dapat memulai pembangunan RS.

Kehadiran RS Salman akan menjadi pelengkap RS yang sudah ada di Kabupaten Bandung, terutama saling mendukung dalam pelayanan kesehatan. Bupati berterimakasih atas kehadiran Salman ITB dalam rencana pembangunan masjid dan RS tersebut.

Ketua Yayasan Pembina Masjid (YPM) Salman ITB Prof. Dr. Ir. Suwarno menyebut, pembangunan masjid menjadi langkah awal sebelum memulai pembangunan Rumah Sakit (RS) Salman.

Selain sebagai pusat kegiatan umat dan pusat pelayanan kesehatan, berdirinya masjid dan RS ini akan dilengkapi dengan pusat pembinaan dan pelatihan bidang kesehatan bagi masyarakat sehingga dapat meningkatkan kemampuan serta kualitas SDM.

Masjid yang memiliki luas tanah 500 m2 dengan luas bangunan 13 x 15 meter dan memiliki 2 lantai tersebut, terdiri dari ruang utama, ruang wudu dan toilet, kantor manajemen dan menara. Diperkirakan masjid yang dapat menampung maksimal 350 orang jam’ah tersebut, menghabiskan anggaran kurang lebih Rp. 3 milyar yang bersumber dari para pewakaf (muwakif) dan donasi jamaah.

Layanan Rumah Sakit Salman
Untuk itu pelayanan RS Salman akan mengusung value Safety, Syar’i, Sophisticated, Sustainable dan Hospitality (S4H), sebagai nilai yang menunjukkan komitmen dan integritas tinggi pihaknya dalam melayani masyarakat.

Pembangunan masjid dan RS wakaf ini, kata dia, sangat didukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, terutama dalam hal perizinan. Di atas total lahan seluas 16.000 m2, RS dengan 4 lantai ini akan mampu menampung 100 tempat tidur.

“Saya sangat berterimakasih kepada Bapak Bupati dan jajaran atas dukungan pembangunan masjid Salman Rasidi ini. Bahkan untuk hal perizinan rumah sakit yang lazimnya memakan waktu hingga 2 tahun, hanya membutuhkan waktu sekitar 16 bulan saja. Saya kira ini kemudahan yang Allah berikan atas usaha pembangunan masjid wakaf ini,” tutur Suwarno.

Suwarno menjelaskan jika hadirnya masjid dan RS ini bukan hanya sebagai pusat kegiatan dan pelayanan. Akan tetapi nantinya RS ini akan mempedulikan lingkungan agar limbahnya tidak mengganggu masyarakat sekitar.

Info Wakaf Salman ITB
Jln. Ganesha No. 7, Bandung
Telp./WA: 0811-2441-444
Email: sekretariat@wakafsalmanitb.org
Website: www.wakafsalmanitb.org

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS