Meningkatkan Mutu Pendidikan di Jawa Barat dengan Smart School dan Digital Learning

share to whatsapp




FGD Jabar Juara

Ketika teknologi terus maju tapi dunia pendidikan belum banyak yang menerapakan teknologi dalam dunia pendidikan, maka jangan heran ketikan anak lebih banyak interaksi dengan internet dibandingkan dengan gurunya. Dengan dasar itu guru Jabar Juara mengadakan forum discussion group (FGD) dengan tema smart school dan digital learning di salah satu hotel di Kota Bandung.

Sekolah pintar atau smart school sendiri merupakan suatu konsep sekolah yang berbasis teknologi yang digunakan dalam proses belajar-mengajar di kelas. Penggunaan teknologi pendidikan mencakup suatu sistem terintegrasi yang membantu komunitas pendidikan dalam menjalankan fungsinya masing-masing dengan tujuan mengembangkan potensi peserta didik.

Pada dasarnya, penggunaan teknologi dalam bidang pendidikan adalah untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai.

Sementara digital learning merupakan suatu terobosan baru dalam teknologi pembelajaran yang diterapkan bagi para pelajar untuk belajar secara digital melalui pemanfaatan teknologi baik software (perangkat lunak) maupun hardware (perangkat keras), online maupun offline

Kegiatan FGD dengan menghadirkan para parktisi pendidikan di Jawabarat dan perwakilan sekolah SMP, SMA, SMK, dan PKBM Jawa Barat. Acara yang berlangsung tanggal 23 Mei 2019 ini digagas oleh Forum Guru Jabar Juara seperti yang diungkapkan ketua oleh Ketua Komunitas Guru Jabar Juara, Cucu Sukmana "kegiatan ini murni gagasan kita, demi mencapai pendidikan Jabar Juara lahir batin," ungkap Cucu

Selain mengundang para praktisi dan perwakilan sekolah, acara ini pun menghadirkan para narasumber, yaitu Dr. Sardin, M. Si (Wakil Dekan Fakultas Pendidikan UPI Bandung), Dr. Cepi Riyana, M. Pd. (Dosen Teknologi Pendidikan UPI), dan Sukarna, S. Pd, M. Si, S.ST (guru SMK 2 Bandung yang sudah memakai Edubox).