Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia Jabar Gelar Munggahan Mengobrol Gizi

share to whatsapp




MENGAZI 2019

Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia Cabang Jawa Barat menyelenggarkaan kegiatan MENGAZI (Munggahan Mengobrol Gizi) Bandung, 4 Mei 2019. Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia Cabang Jawa Barat menyelenggarkaan kegiatan MENGAZI (Munggahan Mengobrol Gizi).

Kegiatan ini diadakan di di Auditorium Rumah Sakit Pendidikan Universitas Padjadjaran Jl. Prof. Eyckman No. 38 Bandung. Kegiatan dihadiri oleh sekitar 300 peserta dari berbagai komunitas umum maupun yang berada di lingkungan Kementerian Agama di Kota Bandung.

Yenni Zuhairini,dr.,MGizi.,SpGK, Ketua PDGMI Jabar menyampaikan bahwa organisasi ini adalah organisasi nirlaba beranggotakan dokter yang memiliki minat yang sama dalam bidang Gizi Medik. PDGMI mempunyai perhatian khusus terhadap upaya mendukung peningkatan kesehatan melalui penerapan pola hidup yang sehat.

Shaum ramadhan dapat dijadikan sebagai momentum untuk memperbaiki dan membuat pola hidup sehat dan diharapkan terus dilaksanakan di bulan-bulan lainnya. Karena itu kegiatan ini tidak berbayar dan ditujukan untuk awam serta mengundang komunitas yang dapat membantu diseminasi info sehat kelingkungannya seperti pesantren, DKM, Kader Posyandu dan lainnya.

dr. Nurly Hestika Wardhani, dr., MGizi., SpGK, selaku ketua panitia kegiatan ini menyatakan bahwa tema yang diangkat sesuai dengan kebutuhan masyarakat mengenai pengetahuan pengaturan asupan nutrisi dan pola aktivitas yang sehat selama menjalankan shaum di bulan suci Ramadhan.

Seperti diketahui, bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh kemuliaan, bagi umat muslim bulan ramadhan merupakan hadiah dari Allah SWT sehingga kehadirannya sangat ditunggu-tunggu. Setiap muslim mendambakan dapat beribadah dengan optimal pada bulan ini, karenanya diperlukan persiapan agar bisa menjalani rangkaian ibadah salah satunya dengan persiapan pengaturan asupan gizi supaya dapat tetap sehat sehingga dapat menunjang kekhusukan shaum.

Lebih lanjut disampaikan bahwa secara ilmiah shaum telah terbukti membawa banyak manfaat, tetapi masyarakat sering kebingungan untuk menerjemahkan anjuran dari dokter mengenai asupan gizi
yang baik dalam pelaksanaan praktis sehari-hari, karena itu acara seminar ini dikemas menjadi satu paket lengkap.

Narasumber ahli dan praktisi yang sangat berpengalaman di bidang gizi adalah dr. Kunkun K. Wiramihardja,Dipl. Nutr., MS, SpGK, memaparkan tentang cara islami pengaturan makan dan aktivitas fisik saat shaum. Penyiapan makanan dan jenis menu yang sesuai disampaikan oleh Ketua Program Studi Manajemen Tata Boga Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Ayu Nurwitasari, S. AP, MMPar yang mengisi sesi menu sehat dan praktis untuk sahur dan berbuka.

Bahkan diberikan juga materi tentang dari mana makanan tersebut bisa didapatkan dari pemaparan Asesor pertanian organik tanaman, Luky Lambang Santoso pada sesi berkebun bahan makanan sehat bergizi.

Edukasi mengenai asupan gizi yang baik serta pola aktivitas fisik yang tepat sangat diperlukan bukan saja untuk menunjang pelaksanaan ibadah tetapi juga berperan penting dalam upaya edukasi healthy lifestyle pada masyarakat.


share to whatsapp