Inilah Program-Program Optimalisasi Citarum Harum 2019





Program Citarum Harum 2019

Rapat evaluasi satu tahun program Citarum Harum digelar di Graha Manggala Siliwangi, Jln. Aceh, Bandung pada hari Selasa (15/1/19).  Pada rapat evaluasi satu tahun program Citarum Harum dihadiri oleh unsur pentahelix yaitu pemerintah (gubernur, wali kota, dan bupati), para pengusaha, akademisi, pegiat lingkungan dan media.

Sejak diresmikan pada Februari 2018 lalu, program Citarum Harum mengalami progres signifikan dalam setahun ini. Sesuai Perpres no 15 tahun 2018, Sungai Citarum ditargetkan pulih dalam waktu 7 tahun. Dalam rapat evaluasi tersebut terdapat poin-poin pokok mengenai optimalisasi gerakan program Citarum Harum, di antaranya:

1. Gedung Pusat Komando Citarum Harum
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, di bulan Februari 2019 pihak Pemprov Jabar akan menghibahkan gedung menjadi Kantor Pusat Komando Citarum Harum. Kantor tersebut merupakan bekas Kantor Dinas Lingkungan Hidup Jabar di Jln. Naripan, Kota Bandung.

Kantor pusat komando tersebut akan berfungsi sebagai command center untuk memantau aktivitas di sepanjang DAS Citarum dan untuk menggelar rapat koordinasi dalam pengambilan keputusan. Sda puluhan kelompok yang berkegiatan memulihkan Sungai Citarum, namun tidak terkoordinir dan harus diperbaiki.

2. Membangun danau retensi tambahan di Cieunteung
Rencana aksi lain di tahun 2019 yang akan dilakukan Satgas Citarum Harum antara lain membangun danau retensi tambahan di Cieunteung. Walaupun danau retensi yang ada sekarang sudah bisa mengendalikan banjir, namun menurut Gubernur Jabar perlu ditambah karena masih terjadi banjir di beberapa titik.

3. Tambahan anggaran
Saat ini pihak Pemprov Jabar tengah menunggu anggaran dari pemerintah pusat yang rencananya akan dikucurkan sebesar total Rp 600 milyar. Angka tersebut sebagian besarnya akan diberikan kepada TNI karena dalam program Citarum Harum ini mengambil porsi paling berat yaitu pengembalian ekosistem

4. Akan digelar Expo Citarum
Dalam expo ini, semua unsur atau kelompok peduli Citarum diminta untuk mendaftar ulang komitmennya. Kalau atas nama pribadi mau apa komitmennya, kalau kelompok mau apa sumbangannya, universitas seperti apa sumbangan keilmuannya, pebisnis juga seperti apa. Termasuk dari pramuka yang siap menurukan ribuan anggotanya. Setelah itu, akan dibuat rencana aksi yang telah disepakati bersama termasuk pendanaannya.

5. Terobosan lain
Terobosan lain yang akan dikaji yaitu memberlakukan Citarum menjadi wilayah administrasi sendiri yang terdiri dari Pemprov, Pemkot Bandung, Pemkot Cimahi, Pemkab Bandung, dan Pemkab Bandung Barat.

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS