Informasi

Sunda Viral: dari Kapten Adeung Sampai Lagu Sundanis Persib VS PSSI




Tempat tinggal Kapten Adeung

Bagi Anda yang suka cari hiburan buat landong baeud ubar jamedud, alias bikin ketawa, sekali-kali cari di Instagram. Ya, video-video pendek lucu di Instagram tak jarang jadi ajang obat stres bagi sebagian warganet. Seperti halnya yang lagi viral di bulan November 2018 ini di Bandung.

Fenomena Kapten Adeung
Pertama, datang dari sosok Kapten Adeung alias Mang Adeung dengan akun instagram @kapten_adeung yang sukses jadi selegram baru terutama di Tatar Sunda. Awal kepenasaranan netizen berawal dari unggahan video Kapten Adeung yang "bicara" dengan HP yang diperlihatkan di depan wajahnya. Mang Adeung melihat video yang berisi tukang odading yang menawarkan dagangannya dengan bahasa Sunda kasar.

Sontak saja, bahasa kasar dari video tukang odading tersebut memicu reaksi Kapten Adeung dengan omongan bentakan plus kasar lagi. Inilah lucunya video Kapten Adeung ini, ia membentak tukang odading yang bicara kasar dengan omongan kasar pula. Kapten Adeung menyuruh tukang odading agar jangan bicara kasar namun ia sendiri menyuruhnya dengan bahasa Sunda kasar juga. Dan akhirnya, ekspresi Mang Adeung yang lucu seolah ia sadar bahwa ia pun turut ngomong bahasa Sunda kasar.

Awalnya, banyak yang mencari siapa sosok di balik pria polos yang bicara bahasa Sunda kasar tersebut. Sampai akhirnya akun @banyolansunda menyebutkan bahwa orang yang dimaksud ada di akun IG @kapten_adeung. Dari awalnya yang follow hanya ratusan, setelah tahu siapa sosok itu, para penggunan Instagram pun banyak yang mengikuti akun @kapten_adeung.

Hanya beberapa hari semenjak "dipromosikan" akun @banyolansunda, followers akun IG @kapten_adung pun melejit hingga menembus angka 12.000 lebih sampai tanggal 20 November 2018 ini. Dan dipastikan akan terus bertambah. Adupun akun IG Kapten Adeung tersebut berisi video-video kesehariannya, dari ngadalang sampai nyanyi-nyanyi.

Selain di Instagram, Kapten Adeung pun punya channel Youtube sendiri. Sementara sosok Kapten Adeung pun tinggal di kawasan Kampung Cipicung RT 04 RW 05, Manggahang, Baleendah, Kab. Bandung. Bila ingin mengetahui lebih dekat Kapten Adeung bisa menghubungi nomor WhatsApp 0831-7643-8415. Akunnya sendiri diurus oleh para pemuda setempat yang tergabung di Karang Taruna.

Lagu Hip Hop Sundanis: Persib Disanksi PSSI
Yang sedang viral lainnya dan tentunya sangat masuk dengan dunia Bobotoh, adalah lagu dari group hip hop Sunda Sundanis. Single yang diproduksi MMProduction ini dibawakan oleh Sundanis (@sundandishiphop) kolaborasi dengan Deni Budiman dan Arie Bolin.

Lirik lagu "Persib Disanksi PSSI" tersebut ngena banget dengan kondisi Persib sekarang yang bertubi-tubi kena sanksi. Harapan untuk jadi juara seakan dijegal dengan rentetan sanksi dari Komdis PSSI dari tak boleh main di lembur sorangan sampai sanksi tak boleh ditonton bobotoh. Dan lagu ini seakan mewakili perasaan bobotoh saat ini. Untuk kontak Sundanis Hip Hop silakan via nomor WhatsApp 0813-1340-3411.

Satu lagi yang jadi viral di Instagram adalah lagu baru dari Oma Mulyana yang berjudul "Tonk Kitu Ah". Konsep lagu baru dari penyanyi dengan akun IG @omamulyana.official tersebut masih seperti "Kuma Dinya Welah" dengan koreografi tarian-tarian nan mengundang tawa saking kakunya plus ciri khas topi dimiringkan. Oma Mulyana sendiri adalah entertainer yang tinggal di kawasan Cilimus, daerah antara Banjaran dan Pangalengan di Kabupaten Bandung. Untuk kontak Kang Oma Mulayana bisa menghubungi 0823-2080-2928*(Abah)


share to whatsapp