Informasi

Aplikasi Sambara, Cara Mudah Cek Info dan Pajak Kendaraan Bermotor




Aplikasi SAMBARA Samsat Jabar

Aplikasi Samsat Mobile Jawa Barat (Sambara) adalah aplikasi yang dibuat Bapenda Jawa Barat untuk melakukan pengecekan Pajak Kendaraan Bermotor di wilayah Jawa Barat. Aplikasi ini diluncurkan pada Rabu. 18 April 2018 lalu. Aplikasi tersebut bisa menampilkan info pajak kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat di Jabar secara online.

Pengguna hanya bisa mengecek informasi yang berhubungan dengan pajak namun tidak bisa dipakai untuk mengecek nama pemilik atau identitas pemilik lainnya. Apa saja manfaat lain aplikasi Sambara dari Bapenda Jabar ini? Berikut ini informasinya:

1. Mengecekan kendaraan bermotor dan bayar pajak
Masyarakat Jabar dapat mudah mengecek informasi kendaraan serta pembayaran pajak.  Ini sebuah inovasi yang berbasis elektronik untuk masyarakat dalam melakukan proses registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor.

2. Dapat diunduh di Playstore
Aplikasi yang dapat diunduh di Playstore ini menampilkan berbagai informasi mengenai informasi pajak kendaraan masyarakat. Di dalam aplikasi, terdapat berbagai macam menu untuk mengetahui informasi kendaraan bermotor.

3. Manfaat aplikasi:
Masyarakat juga dapat:
- mengetahui berapa biaya pajak kendaraan bermotor yang wajib dibayarkan.
- menu soal informasi jadwal layanan samsat keliling hingga alamat kantor samsat.
- melakukan pembayaran langsung melalui aplikasi tersebut sehingga masyarakat tidak perlu lagi mengantre di Samsat untuk melakukan pembayaran pajak.

4. Layanan SMS Samsat
Tidak hanya aplikasi ini, tim pembina Samsat Provinsi Jabar juga meluncurkan layanan SMS samsat. Masyarakat bisa mencari informasi soal keabsahan kendaraannya hingga mengecek informasi biaya pajak yang dibayarkan dengan hanya mengirim SMS ke nomor 8787.

Ada dua jenis layanan SMS 8787:
a. Untuk mengetahui keabsahan kendaraan bisa mengetik SMS: INFO RANMOR.
b. Kalau ingin mengetahui biaya pajak yang dibayarkan bisa mengetik SMS: INFO PAJAK.

Cek Pajak Kendaraan Bermotor Jawa Barat Online Lewat HP Android:
a. Download aplikasi samsat online Jawa Barat (Sambara) dari Google Play Store.
b. Jika sudah terpasang lalu jalankan.
c. Untuk mengecek pajak kendaraan Jawa Barat caranya pilih menu Info PKB.
d. Lalu isi kolom yang tersedia dengan plat nomor kendaraan yang ingin dicek, misalnya F 1234 FCH lalu pilih tombol Cari. cek nopol kendaraan online jabar
e. Jika ditemukan maka akan keluar hasilnya berupa informasi yang berisi merk, model, tahun, warna, no rangka, no mesin, PKB, PKB denda, SWDKLLJ, PNPB STNK, tanggal pajak, milik ke berapa, serta total biaya pajak tahunan yang harus dibayar.


share to whatsapp