Inilah Poin-Poin Penting Penangguhan Sementara Aturan Pemain U-23





Logo Liga 1 Gojek Traveloka

Surat PT Liga Indonesia Baru (LIB) bernomor 155/LIB/VI/2017 bertanggal 29 Juni 2017 yang ditujukan kepada para klub peserta Liga 1 berisi tentang penangguhan atau penghentian sementara implementasi aturan pemain U-23 di Liga 1. Ada tiga aspek yang memunculkan keputusan ini
- Timnas Indonesia sudah terbentuk
- Demi keadilan dalam kompetisi Liga 1 2017
- Agar kualitas kompetisi tetap terjaga karena setiap klub bisa memainkan semua pemain yang telah didaftarkan.

Beberapa informasi terkait penangguhan atau penghentian sementara implementasi aturan pemain U-23 di Liga 1 di antaranya:

1. Alasan tidak adanya proses seleksi
Alasan regulasi pemain U-23 ditangguhkan adalah PSSI mempertimbangkan beberapa hal terkait keputusan tersebut yaitu karena tidak adanya proses seleksi untuk pemain karena skuad tim nasional untuk Sea Games 2017 dan AFC U-23 Champhionship 2018 Qualifiers Group H telah didaftarkan ke AFC.

2. Aspek fairness
Aturan pemain U-23 dihapus sementara karena mempertimbangkan aspek fairness kompetisi mengingat jumlah pemain yang diambil dari masing-masing klub tidak merata dan menjaga kualitas serta popularitas kompetisi akibat dari dipanggilnya pemain terbaik U-23 ke tim nasional.

3. Masa berlaku aturan
Penghentian sementara regulasi pemain U-23 di Liga 1 mulai berlaku pada 3 Juli 2017-30 Agustus 2017. Peraturan U-23 akan kembali berjalan akan berjalan mulai 1 September 2017 hingga 2017 sampai berakhirnya kompetisi.

4. Aturan memainkan pemain U-23
Dengan penangguhan ini, tidak ada lagi aturan seperti memainkan sedikit-dikitnya tiga pemain U-23 sejak "kick off" selama sekurang-kurangnya 45 menit, dua pemain U-23 di bangku cadangan, dan pergantian maksimal lima pemain per-laga.

5. Konsekuensi
Konsekuensi dari implementasi penangguhan tersebut adalah berubahnya jumlah pergantian pemain menjadi tiga kali pergantian dan jumlah pemain cadangan menjadi tujuh pemain cadangan yang duduk di bench.

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS