Newsticker

Peresmian RS Ginjal Ny. RA Habibie di Jln. Tubagus Ismail, Bandung




BJ.Habibie resmikan gedung baru Rumah Sakit Khusus Ginjal Ny. RA Habibie yang beralamat di , di Jln. Tubagus Ismail No.46, Kota Bandung, pada Senin (08/08/2016).

Selain peresmian gedung baru, acara ini pun sekaligus untuk memperingati hari  ulang tahun Rumah Sakit yang ke-28. Gedung yang baru akan digunakan sebagai tempat rawat inap, diklat, dan operasi. Sementara, untuk ruangan cuci darah ditempatkan di gedung lama.

Mantan Presiden RI ke-3 ini pun berharap dengan bertambahnya fasilitas di Rumah Sakit Khusus Ginjal Ny RA Habibie ini  bisa membantu sumber daya manusia Indonesia dalam hal kesehatan, karena dengan begitu manusia Indonesia bisa lebih baik dalam hal kesehatan sehingga bisa bekerja produktif dan menjadi manusia unggul. Rumah sakit tersebut sangat terbuka bagi pasien yang tidak mampu.

Hingga saat ini, rumah sakit tersebut rutin menangani 350 pasien ginjal yang melakukan cuci darah. Di rumah sakit tersebut terdapat 60 unit mesin cuci darah yang sudah dijalankan secara semikomputer. 97 persen di antaranya merupakan pengguna BPJS yang dilayani oleh 11 dokter pelaksana harian.

Apabila pasien tidak mampu, pasien penderita ginjal tersebut bisa mendapatkan perawatan secara cuma-cuma. Jika ada pasien yang tidak punya BPJS dan memang tidak mampu, bisa difasilitasi dinas kesehatan terkait. Keberadaan rumah sakit khusus ginjal itu, menurut Habibie diharapkan bisa menjadi sumbangsih nyata dari keluarganya dalam rangka peningkatan kualitas layanan kesehatan untuk masyarakat.

"Ini persyaratan dari almarhumah ibu saya yang disampaikan kepada adik saya,” tutur BJ Habibie.

Peresmian dan ulang tahun rumah sakit tersebut berlangsung meriah dengan penampilan dari  artis papan atas Indonesia  yang berasal dari Pangandaran yaitu Chakra Khan dan dimanjakan dengan hidangan sate Maranggi khas Purwakarta yang sengaja di datangkan oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Bahkan di saat pemotongan tumpeng pun suami dari almarhumah Ainun Habbie ini memberikan potongan tumpeng kepada Dedi Mulyadi.

Rumah Sakit Khusus Ginjla Ny RA Habibie
Jln. Tubagus Ismail No. 46, Bandung, Jawa Barat
Telepon: (022) 2501985
Fax: (022) 2501985