Informasi

May Day, Bandung Luncurkan Bus Gratis untuk Para Buruh




​Forum Komunikasi Serikat Pekerja Serikat Buruh Kota Bandung bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung  merayakan peringatan Hari Buruh Internasional di Padepokan Seni Mayang Sunda Kota Bandung, pada Minggu 01 Mei 2016.

Peringatan yang dikenal dengan May Day ini diisi dengan peluncuran bis gratis untuk pekerja/buruh, Jalan Sehat, Gerakan Pungut Sampah, dan Pagelaran Kesenian Sunda. Dimana acara tahunan bagi buruh ini dihadiri oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, dan Wakil Walikota Bandung Oded M. Danial, Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia Hanif Dhakiri, Ketua panitia Peringatan Hari Buruh Kota Bandung Hermawan dan diikuti oleh sekitar 1000 peserta.

Peluncuran Bis gratis merupakan bagian dari 4 program kesejahteraan buruh yang dicanangkan oleh Pemkot Bandung, kebijakan lainnya adalah program kredit Melati tanpa bunga dan agunan, perumahan Apartemen Rakyat, dan program Sembako Delivery.

“Di Kota Bandung menyejahterakan tidak harus menaikan pendapatan tetapi bisa juga dengan menurunkan pengeluaran.” Tutur Emil

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Pemkot Bandung dan berharap program ini bisa diikuti oleh daerah-daerah lain.

”Ini adalah inisiatif yang layak untuk didukung dan digaungkan agar daerah-daerah lain bisa melakukan replikasi karena ini hal baik,” tutur Hanif

Menanggapi salah satu tuntutan buruh tentang jaminan kesehatan,  Hanif menyatakan bahwa dirinya akan terus berkoordinasi, terutama dengan Kementerian Kesehatan terkait jaminan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan untuk para pekerja atau buruh.

Hanif juga menghimbau agar para buruh mempertimbangkan hal lain dalam menyampaikan tuntutan, seperti tuntutan kenaikan upah. Selain memperhatikan buruh, Kementerian Tenaga Kerja juga perlu memberikan kepastian kepada pengusaha, dan harus melindungi para pencari kerja.

Para buruh tersebut mengikuti Jalan Sehat dan Gerakan Pungut Sampah yang dilaksanakan di sekitar Jalan Peta. Ketua panitia Peringatan Hari Buruh Kota Bandung Hermawan melaporkan bahwa perayaan Hari Buruh di Kota Bandung berjalan kondusif dan tidak memicu kerusuhan.

“Tidak perlu rusuh karena kami sering diundang ke pendopo untuk berdialog dengan Pak Wali Kota,” tutur Hermawan.