Wanita dalam Pembangunan Karakter Bangsa





Wakil Wali Kota Bandung  Oded M. Danial menerima kedatangan tim Verifikasi Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) di Kantor Kelurahan Maleber Kecamatan Andir Kota Bandung, pada Senin 02 Mei 2016

Rangkaian acara ini di hadiri oleh, Ketua tim penggerak PKK Kelurahan Maleber Tanti Dodi, BPPKB Kota Bandung Entin Kartini, penggerak PKK Kelurahan Maleber, forum komunikasi daerah, kapolsek, koramil, camat Andir, lurah Maleber, tokoh masyarakat dan warga Maleber.

Dalam sambutannya pria yang akrab dipanggil Oded ini mengatakan bahwa untuk mewujudkan pembangunan perlunya melibatkan peran wanita dan untuk mencapai  hal tersebut, harus memperhatikan serta melibatkan wanita dalam setiap pelaksanaan program & kegiatan pembangunan. Keterlibatan kaum wanita ini menjadi suatu keniscayaan.

Tujuannya adalah menanggulangi kemiskinan dan kelaparan, mencapai pendidikan untuk semua, pemberdayaan perempuan, mengurangi kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu, memerangi penyakit menular dan memastikan kelestarian lingkungan hidup. Dengan merasakan manfaat dari Program P2WKSS ini, bisa dipastikan masyarakat akan sangat mendukung dan aktif dalam berbagai kegiatan pembangunan.

“Peran wanita sangat dibutuhkan sekali, apalagi sekarang maraknya pelecehan seksual kepada anak. Kita harus mencegah hal seperti itu sebelum menimpa kepada ke anak kita”, tutur Oded.

Oded mengharapkan berbagai macam kegiatan yang melibatkan wanita yang telah kita laksanakan selama ini, dapat meningkatkan kualitas diri kaum wanita. Harapannya, kaum wanita semakin mampu memberikan kontribusi maksimal dalam mewujudkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga dan berperan optimal dalam pembangunan.

Kedepan kita juga perlu melakukan penilaian atau kajian terhadap kebutuhan kaum wanita. Program atau kegiatan yang pas dengan kebutuhan akan semakin membuat kaum wanita berdaya dan berkualitas. Kaum wanita berkualitas akan semakin mampu untuk berperan dalam upaya peningkatan kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

Ketua tim penggerak PKK Kelurahan Maleber, Tanti Dodi menyampaikan bahwa sasaran yang akan dilakukan oleh P2WKSS diantaranya adalah perbaikan rumah, MCK, perbaikan jalan/gang, penghijauan, pendidikan dan keterampilan. Selain sasaran tersebut di Kelurahan Maleber pun akan diberikan penambahan modal UKM makanan yaitu, Sumpia dan Gabus Donat.

“Mudah-mudahan dengan bergeraknya program ini akan memajukan perekonomian dan pendidikan di wilayah maleber.”tutur Tanti.

Kepala BPPKB Kota Bandung Entin Kartini menyampaikan penataan kota secara cermat oleh pemerintahan kota & peranan masyarakat, berupaya untuk penanggulangan kemiskinan diantaranya melalui P2WKSS. Berupaya untuk mengembangkan SDM, SDA dan lingkungan untuk mewujudkan serta mengembangkan keluarga sehat sejahtera untuk pembangunan masyarakat dengan perempuan sebagai penggeraknya.

“Saya harap dengan terselengaranya program ini dapat memberi ruang kepada masyarakat untuk membangun diri sendiri dalam bentuk mobilisasi dan pemanfaatan seluruh potensi masyarakat yang difasilitasi oleh SKPD Kota Bandung dan tim penggerak PKK”, tutur Entin.

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS