Minggu Sehat Ceria, Ajang Olahraga dan Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Warga RW 14 Kompleks GBA 1





Untuk meningkatkan imunitas, kegiatan olahraga dan interaksi warga di saat sekarang ini sangatlah diperlukan. Pemerintah pun berupaya agar masyarakat lebih terproteksi daya tahan tubuh dengan imbauan dari mulai berjemur, olahraga, hingga makan makanan sehat. Tentunya pula dengan menjaga protokol kesehatan, baik itu mencuci tangan/hand sanitizer, menjaga jarak, dan pakai masker. Di samping itu, upaya untuk menjaga kekebalan tubuh dengan vaksinasi mutlak harus diikuti warga.


Sudah mengikuti vaksin 100%
Upaya-upaya tersebut ditaati dan dilakukan oleh warga di lingkungan RW 14 Kompleks Griya Bandung Asri 1 (GBA 1), Desa Bojongsoang, Kab. Bandung. Terakhir, kegiatan vaksinasi telah dilakukan 100% pada warga di kawasan perumahan yang ada di Bandung Selatan tersebut.

"Alhamdulillah, warga taat dan mengikuti imbauan pemerintah untuk melaksankan vaksin. Dan sudah 100% warga kami mengikutinya. Juga warga kami zero yang terpapar Covid-19. Selain itu, untuk mendukung imunitas warga, pada hari ini kami launching dua lapangan yakni di RT 03 dan RT 06, berupa lapangan badminton dan lapangan voli," tutur Gusnawan Bahar, Ketua RW 14 Kompleks GBA 1.

Kegiatan pembukaan fasilitas umum yang melibatkan warga dengan menjaga protokol kesehatan ketat tersebut dihadiri pula oleh Kepala Desa Bojongsoang, Acep Sahrul Mulyaman juga dari Polsek Bojongsoang dan pihak Koramil. Dalam sambutannya, Kades Bojongsoang merasa bangga dengan upaya rereongan warga RW 14 dalam merenovasi lapangan sehingga sangat layak untuk kegiatan olahraga warga.

Rereongan warga
Sebelumnya, lapangan tersebut hanya berupa rerumputan dan kurang terpelihara. Berkat iuran bersama dan kerja bakti warga, fasilitas olahraga outdoor tersebut kini terlihat mentereng dengan hadirnya beragam fasilitas dari pengecatan lapangan, tiang net, penyediaan lampu, sampai jaring.

Kegiatan yang digelar pada Minggu (22/08/2021) di Lapangan RT 03 tersebut dibuka dengan kegiatan senam ibu-ibu dari RW 13, RW 14, dan RW, 15. Dilanjutkan dengan pertandingan badminton dan tenis meja bapak-bapak. Selama kegiatan berlangsung, arahan dari panitia terus dikumandangkan agar warga selalu menjaga protokol kesehatan dengan selalu menjaga jarak, pengecekan suhu, memakai masker, dan mencuci tangan. Selain itu, dilaksanakan juga pemeriksaan tekanan darah dan cek gula darah gratis oleh Bidan Yuli, yang merupakan warga setempat.

Pemberdayaan ekonomi kreatif warga
Selain kegiatan olahraga, kegiatan ini pun sebagai ajang pemberdayaan ekonomi kreatif warga. Di sekitaran lapangan berdiri tenant-tenant penjual aneka makanan, minuman, hingga pakaian. Antusiasme warga terlihat dengan menjelang tengah hari produk di lapak mereka terlihat sudah habis. Agar tidak menimbulkan kerumunan berbelanja, pihak penjual pun menggunakan sistem pre-order beberapa hari sebelum kegiatan dilaksanakan.

"Alhamdulillah, dengan semakin dilonggarkannya PPKM, semoga ini jadi arah yang lebih baik dalam upaya berkegiatan normal kembali di masyarakat. Kami menyadari, bahwa kegiatan seperti ini bila tidak dipantau dan dijaga dengan ekstra akan timbul hal-hal yang kurang diinginkan. Untuk itu, kami berusaha selalu menerapkan disiplin protokol kesehatan warga kami. Terima kasih atas pantauan dan dukungan dari pihak Desa, Polsek, dan Koramil yang standby memperhatikan kegiatan warga," papar Yudi Setiamiharja selaku penyelenggara dari Divisi Olahraga dan Kegiatan Masyarakat. **(Abah)