Alumni PLS UPI Bandung Mengadakan Acara Reuni Daerah Ciayumajakuning





Silaturahmi ditengah pandemi nyatanya mampu menjadi energi, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Pada hari Sabtu 6 Maret 2021 bertempat di Saung Cheria, Majalengka, Ikatan alumni PLS/PENMAS UPI daerah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan (Ciayumajakuning) menyelenggarakan kegiatan reuni sebagai upaya memperkuat silaturahmi kekeluargaan serta upaya menyatukan hati sebagai satu almamater satu jurusan, meski berbeda tempat pengabdian dan program bahkan profesi. 

Kegiatan reuni ini dihadiri langsung oleh ketua umum IKA PLS/PENMAS UPI yaitu Dr. Elih Sudiapermana, M.Pd yang didampingi istri yang juga alumni PLS UPI.

Bertemunya IKA PLS/PENMAS UPI menjadi momen yang hangat penuh kekeluargaan, saling berbagi cerita serta pengalaman betapa luasnya ilmu serta dedikasi sebagai alumni PLS/PENMAS di masyarakat. Pertemuan yang mempertemukan berbagai fokus kajian dan bidang yang digeluti masing-masing alumni ini memperkaya referensi base practice alumni PLS/PENMAS yang sangat luas di masyarakat.

Beberapa alumni tahun 80an bercerita betapa berkesannya proses ospek jurusan PLS/PENMAS atau kegiatan lapangan pada masanya yang berdampak pada kehidupan serta pengalaman di masyarakat.  

Salah satu alumni yang berbagi cerita adalah Nurahman yang berprofesi sebagai petani, namun ternyata bukan petani biasa tetapi ia adalah petani alumni PLS/PENMAS UPI sehingga selain sebagai petani sejak tahun 1999-2019 selama 17 tahun ia menjadi kepala desa, ini menunjukkan bahwa alumni PLS/PENMAS mampu menunjukkan eksistensinya di masyarakat sebagai pemimpin. Inspirasi Nurahman adalah lagu Ebiet G Ade yang berjudul "Cita Cita Kecil si Anak Desa". 

Berbagai profesi yang kini alumni geluti seperti pengelola PKBM, PAUD, pendamping PKH, menjadi birokrat, bekerja di pemerintahan maupun swasta menjadi keberagaman namun saat reuni dan silaturahmi ada kesamaan pandangan bahwa kebutuhan masyarakat menjadi kepekaan bahkan prioritas dan maju serta berkembang bersama masyarakat menjadi harapan.

Elih Sudiapermana sebagai ketua umum IKA PLS/PENMAS UPI menyampaikan pesan bahwa keberagaman pengalaman dan pengabdian IKA PLS/PENMAS UPI harus selalu didasari oleh professionalitas dan integritas yang akan bermuara pada identitas sebagai pendidik masyarakat dan bersama semua lapisan masyarakat belajar sepanjang hayat yang adaptif dengan berbagai situasi dan kondisi.