Dibuka Kembali, Ini Fasilitas dan Harga Tiket di Wisata Alam Kampung Cai Rancaupas





wisata kampung cai rancaupas

Di era adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal, destinasi wisata favorit di Ciwidey ini kembali diserbu pengunjung. Seperti pantauan seputarbandungraya.com pada Sabtu, 27 Juni 2020. Terlihat beberapa lokasi di tempat wisata alam ini pengunjung berdatangan, baik menggunakan mobil pribadi maupun motor. Ini terlihat dari kendaraan yang berjejer memadati area parkiran dekat warung-warung.

Beberapa area tempat wisata pun tak mulai diramaikan pengunjung. Salah satunya area kemping di berbagai titik lapangan terbuka. Wisatawan keluarga tampak asyik menikmati perkemahan di alam terbuka. Area kemping di Rancaupas memang jadi salah satu primadona wisatawan. Karena selain menghadirkan yang nyaman buat anak-anak sekalipun, fasilitas penunjang pun terbilang lengkap. Dimana dekat area kemping ada masjid, toilet, penjual kayu bakar, sampai penyewaan peralatan dan perlengkapan kemping.

Penangkaran rusa, favorit wisatawan
Lokasi lainnya yang jadi favorit wisatawan adalah penangkaran rusa. Kebanyakan pengunjung sambil membawa anak-anak berinteraksi dengan rusa-rusa yang ada di sini. Untuk memberi pakan rusa-rusa tersebut, pengunjung bisa membeli seikat kangkung atau wortel. Seikat kangkung bisa dibeli dengan harga Rp5.000 dan seikat wortel Rp10.000. Di area ini pun tampak muda-mudi yang berselfie ria bersama rusa-rusa tersebut.

"Lumayan buat refreshing bareng keluarga. Juga bisa jadi wisata edukasi buat anak-anak saya mengenal rusa yang ada di sini," kata Watin Prihatini, salah seorang pengunjung yang mengaku dari Bojongsoang dan berwisata ke Rancaupas bersama suami dan kedua anaknya.

Spot lain yang jadi favorit anak-anak adalah area kolam renang yang tak jauh dari tempat penangkaran rusa. Di kolam renang hangat ini tampak anak-anak asyik main air di kolam renang yang ada di area atas dan bawah.

"Tempat ini cocok buat wisata keluarga. Anak-anak tadi senang berinterkasi dengan rusa. Dan sekarang mencoba kolam renangnya," kata Athea Kania, yang sedang asyik memperhatikan kedua anaknya berenang.

Sementara di dekat pintu masuk kolam renang, beberapa pengunjung terlihat sedang duduk bersantai di taman rerumputan. Pengunjung bisa melepas penat sejenak di tengah kesejukan alam Rancaupas sambil menikmati secangkir kopi hangat.

"Di sini suasananya asri dan sejuk, cocok buat bersantai setelah selama beberapa bulan ini rindu dengan suasana seperti ini, akibat physical distancing yang mengharuskan kita berdiam cukup lama di rumah," ujar Yudi Setiamiharja yang tengah duduk santai di taman berdua bareng istrinya.

Harga tiket terbaru wisata Kampung Cai Rancaupas
Adapun untuk tiket masuk dan tiket fasilitas di Kampung Cai Rancaupas tidak banyak berubah. Berikut ini daftar harga tiketnya (27 Juni 2020).

Tiket masuk:
- Tiket kunjungan untuk wisatawan lokal: Rp20.000 (ditambah Rp10.000 kalau kemping/orang/malam)
- Tiket kunjungan untuk wisatawan lokal: Rp40.000 (ditambah Rp10.000 kalau kemping/orang/malam)

Parkir:
- Kendaraan roda 2 (motor): Rp5.000 (ditambah Rp7.000 kalau kemping/unit)
- Kendaraan roda 4: Rp10.000 (ditambah Rp15.000 kalau kemping/unit)
- Kendaraan roda 6 (bus): Rp25.000 (ditambah Rp30.000 kalau kemping/unit)

Wahana:
- Kolam renang: Rp20.000
- Wahana anak: Rp10.000
- Flying fox: Rp30.000
- Panahan: Rp30.000
- Berkuda: Rp50.000
- Booking area: Rp500.000
- Prewedding: Rp500.000
- Video shooting: Rp3.000.000

Untuk info dan kontak seputar wisata Kampung Cai Rancaupas bisa mengunjungi akun instagram @ranca_upas.