Mahasiswa PGPAUD UPI Bandung Gelar Ragam Kegiatan di Expo 2020





pg-paud-expo-2020

PGPAUD Expo O5 merupakan kegiatan rutinan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Universitas Pendidikan Indonesia Bandung yang mana di dalamnya terdapat lomba mahasiswa tingkat nasional, seminar, dan workshop serta kegiatan untuk anak yaitu jelajah. Untuk event tahun ini mengangkat tema "Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0".

Latar belakangnya, pendidikan karakter di Era 4.0 akan berbeda dengan pendidikan karakter era sebelumnya. Di zaman ini,  anak usia masih balita pun udah terbiasa menggunakan gawai. Seperti yang diungkapkan Ketua Pelaksana Sifa Nurjanah, "kegiatan ini mengangkat tema pendidikan karakter di era 4.0,  sesuai dengan perkembangan zaman. Dimana, anak-anak usia dini harus diarahkan untuk bijak dalam menggunakan gawai. Ini sesuai dengan kenyataan di lapangan bahwa tak sedikit anak-anak usia dini yang kecanduan gawai. Peran orangtua dan pendidik sangatlah penting di zaman serba internet ini," ujar Sifa.

Dalam kegiatan ini pun selain mahasiswa PGPAUD, juga melibatkan seluruh mahasiswa  dari kampus-kampus lainnya yang ada di Indonesia, guru PAUDdan umum, serta anak usia dini rentang usia 3-6 tahun.

Selain itu, kegiatan Expo ini juga diisi oleh lomba mahasiswa. tingkat nasional, workshop, hingga jelajah anak yang  dilaksanakan di lingkungan kampus UPI dari tanggal 14-15 Februari 2020.

"Tujuan kegiatan ini, menyerukan pentingnya karakter unggul dalam diri anak sejak dini; memfasilitasi kegiatan bermain yang bermakna untuk anak; serta menstimulus aspek perkembangan anak, meningkatkan jiwa kreativitas serta kompetitif pada diri setiap mahasiswa," ungkap mahasiswi PGPAUD asal Kabupaten Bandung ini.