Mahasiswa dari Tiga PT di Tiongkok Belajar Bahasa Indonesia di FIB Unpad

share to whatsapp




BIPA Unpad

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran menerima sejumlah mahasiswa program pertukaran pelajar dari tiga perguruan tinggi di Tiongkok, yaitu Shanghai International Studies University (SISU), Guangxi University for Nationalities (GXUN), dan Xiangsihu College.

Para mahasiswa tersebut secara resmi diterima oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Yuyu Yohana Risagarniwa, Ph.D. didampingi Kepala Prodi Sastra Indonesia Dr. Lina Meilinawati, M.Hum. beserta staf pengajar kelas Bipa Pusat Bahasa Unpad mereka disambut di Ruang Sidang Gedung Dekanat FIB Unpad (Selasa, 3/9/2019).

Sekitar 100 mahasiswa Tiongkok yang akan menjalani perkuliahan selama satu tahun di Unpad. Sebagian besar kegiatan pertukaran pelajar ini akan terfokus pada pembelajaran bahasa Indonesia. Mereka akan belajar bahasa Indonesia sekaligus budayanya berbaur bersama mahasiswa program studi Sastra Indonesia FIB Unpad. Tujuan dari program pertukaran pelajar antara Tiongkok dan Indonesia ini adalah mengenalkan bahasa dan budaya Indonesia kepada seluruh mahasiswa asing yang menjadi peserta program ini.

Program BIPA merupakan pusat kajian atau riset pembelajaran kursus Bahasa Indonesia untuk penutur asing yang berada di bawah naungan Pusat Bahasa Fakultas Ilmu Budaya Unpad. Para peserta didiknya adalah mahasiswa asing yang mempelajari bahasa Indonesia dengan beragam motif seperti pendidikan, penelitian, profesi, maupun hubungan bilateral. (Humas FIB Unpad)