Kiara Artha Park, Spot Wisata Favorit Baru Dekat Jembatan Pelangi Kiaracondong

share to whatsapp




Kiara Artha Park Kiaracondong Bandung

Kerumuman wisatawan rela antre bergiliran demi naik bus trem yang berkeliling di area Kiara Artha Park. Pemandangan tersebut terlihat saat seputarbandungraya.com mengunjungi kawasan wisata Kiara Artha Park pada Senin (02/09/2019) malam. Lokasinya sendiri berada tak jauh dari Jembatan Pelangi juga Lucky Square. Buat mudahnya bila keluar tol Buah Batu langsung ke arah flyover Kiaracondong terus ke arah perempatan Jembatan Pelangi.

Akan dibangun mall dan apartemen
Taman Asia Afrika yang berada di lahan milik Pemkot Bandung ini dikelola oleh BUMD Pemkot Bandung yaitu Bandung Infra Investama (BII) kerjasama dengan PT MCP (Mega Chandra Purabuana). Taman ini dibangun dengan anggaran Rp 150 miliar dan bisa diakses secara gratis masyarakat umum. Taman yang baru dibangun 70 persen ini nantinya akan dilengkapi mall dan apartemen.

Pengunjung berjubel dengan sabarnya untuk naik bus listrik yang mirip bus Bandros tersebut. Ada dua bus yang disediakan oleh pihak pengelola Kiara Artha Park. Saat naik bus wisata tersebut, wisatawan diajar mengelilingi area air mancur sambil mendengarkan penjelasan seputar taman oleh seorang guide.

Pertunjukan dancing fountain
Sementara di luar, di area parkiran, pengunjung lain berbondong-bondong masuk area taman untuk menyaksikan pertunjukan dancing fountain alias air mancur menari. Pengunjung mengelilingi di pinggir sekitar area kolam air mancur. Dan tepat pukul 19.30, pertunjukan air mancur menari dengan kerlap-kerlip lampu warna-warni mulai beraksi diiringi lantunan musik energik.

Selesai pertunjukan air mancur menari pertama, kembali pertunjukan kedua dilanjutkan dengan iringan lagu "Es Lilin" dari penyanyi pop Sunda, Nining Meida. Total, ada empat lagu yang mengiringi dancing fountain tersebut. Para pengunjung pun hampir semuanya mengabadikan pertunjukan air mancur tersebut dengan kamera HP masing-masing.

Dancing fountain ini dapat pengunjung nikmati setiap Senin hingga Jumat pukul 18.30 WIB dan 19.30 WIB serta Sabtu dan Minggu pada pukul 18.30 WIB, 19.30 WIB, dan pukul 20.30 WIB. Tempat wisata ini buka dari pagi sampai pukul 10 malam.

Masuk Kiara Artha Park gratis
Untuk masuk ke area Kiara Artha Park tak dipungut biaya, termasuk untuk naik bus trem listrik juga lalajo pertunjukan air mancur menari tersebut. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir kendaraan. Area wisata taman ini sepertinya menjadi primadona baru di Kota Bandung. Terlihat dari penuh sesaknya pengunjung yang datang, walau itu saat hari biasa alias bukan weekend ataupun hari libur.

Sebagai informasi di Kiara Artha Park Bandung ini terdapat Taman Asia Afrika untuk mengenang Konferensi Asia Afrika (KAA). Taman seperti angka delapan ini dibangun di lahan seluas 12,9 hektar. Taman ini dilengkapi dengan train listrik (ramah lingkungan) yang berjalan mengelilingi kawasan.

Di taman ini juga terdapat patung-patung tokoh kunci dari berbagai negara konferensi asia-afrika serta serta dikibarkan bendera-bendera negara peserta Konferensi Asia-Afrika tahun 1955. Sementara di sekitar danau disediakan viewing deck dan area interaksi warga yang ingin melihat pertunjukan air mancur dari dekat.

Wahana wisata terpadu
Kiara Artha Park juga sedang dibangun taman bermain anak dalam ruangan terbesar dengan LOLLIPOP Playland & Café sebagai operatornya. Kawasan wisata ini pun akan dikembangkan lagi dengan pembangunan gedung-gedung lain. Spot lain yang menarik perhatian wisatawan adalah Kampung Korea yang ada di sebelah selatan dekat area parkiran.

Di Kampung Korea ini terdapat area yang memajang dengan didekorasi semirip mungkin dengan perkampungan tradisional Korea. Deretan tempat duduk dan area makan menjadi hal yang dominan di tempat ini. Selain banyak menghadirkan makanan, minuman, dan camilan ala Korea, Anda tetap dapat menemukan makanan biasa di sini. Sejumlah stan yang menjual berbagai pernak-pernik Korea dan K-Pop juga hadir di area ini.

Biar lebih puas berkunjung ke Kiara Artha Park, disarankan datang sore hari. Pengunjung bisa memotret spot-spot instagramable di sini dimana bila malam hari kurang pencayahaan buat motret. Ya, sekalian nunggu setelah Magrib bisa menonton pertunjukan air mancur menari. Di sini pun ada area foodcourt dan mushola. Namun harap menjaga kebersihan ya, jangan buang sampah sembarangan dan jangan menginjak rumput taman.