Inilah Sekolah-Sekolah di Kabupaten Bandung yang Menerima Anugerah Raksa Prasada Kategori SBL 2019 Tingkat Provinsi





Hari Lingkungan Hidup 2019  Gedung Sate

Pemkab Bandung kembali mendapat Anugerah Raksa Prasada untuk Kategori Kabupaten/Kota Peraih Sekolah Adiwiyata Terbanyak. Anugerah tersebut untuk kedua kalinya dalam dua tahun berturut-turut, 2018 dan 2019, diraih oleh Pemkab Bandung di Tingkat Proviinsi Jawa Barat.

Mewakili bupati, Penghargaan Raksa Prasada tahun 2019 diterima Asisten Ekonomi dan Kesejahteraan (Ekjah) Kabupaten Bandung H. Marlan dari Wakil Gubernur Jawa Barat selaku pelaksana harian (plh) Gubernur Jabar Uu Ruhzanul Ulum, dalam acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) se-Dunia Tingkat Jabar Tahun 2019 di Halaman Depan Gedung Sate Bandung, Kamis (25/7/2019).

Kali ini sebagai hasil kolaborasi sinergis antara Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pendidikan (Disdik), berhasil membina dan meloloskan sebanyak 29 sekolah untuk meraih adiwiyata tingkat provinsi. Adapun tahun kemarin Kab. Bandung mendapat prestasi raihan 24 sekolah adiwiyata.

Dengan 29 sekolah adiwiyata di tahun 2019, Kabupaten Bandung mengungguli Kota Bandung (18 sekolah), Kabupaten Bogor (17 sekolah) dan Kota Depok (15 sekolah). Pada kesempatan yang sama penghargaan juga diberikan kepada 29 sekolah asal Kabupaten Bandung tersebut, yaitu Anugerah Raksa Prasada Kategori Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL) Tahun 2019.

Raksa Prasada Kategori SBL untuk tingkat SD, di antaranya diraih oleh SDN Cinanti, SDN Cikasungka 01, SDN Narawita 01, SDN Narawita 02, SDN Beor 01, SDN Ciluncat 1, SDN Mandalasari 01, SDN Mandalasari 02, SDN Cisoga 01, SDN Cikuya 01, SDN Tanjunglaya 02, SDN Parungserab 03, SDN Cikancung 03, SDN Batukarut 03, SDN Bojongsempur, SDN Karangsetra, SDN Adetex, SDN Taman Kopi Indah, SDIT Anni’mah, SDS Kalam Kudus, SD Mulia Wacana.

Sementara untuk tingkat SMP diraih SMPN 2 Ibun, SMPN 3 Soreang, SMPN 3 Ciwidey, SMPN 3 Pacet dan SMP Talenta. Sedangkan untuk tingkat SMA/SMK/MA diperoleh MAN 1 Bandung, SMK Angkasa 2 Margahayudan SMK Wirakarya 1.

Sekolah peraih SBL tersebut, secara bertahap dan berjenjang akan mengikuti penilaian lanjutan untuk masuk ke tingkat nasional. Pada tahun 2019 in, sebanyak 45 sekolah mengikuti penilaian untuk seleksi meraih adiwiyata tingkat nasional. Jumlah ini merupakan peraih adiwiyata tingkat provinsi di tahun sebelumnya, mudah-mudahan semuanya bisa lolos.

Dalam rangka mewujudkan harapan tersebut, pihaknya mengapresiasi Kepala Disdik Dr. H. Juhana yang melahirkan program Sekolah Sanitasi dan Adiwiyata Terpadu (Sandi Padu), sebagai upaya pembinaan kepada seluruh sekolah.

Tidak hanya itu, dalam HLH dengan tema nasional ‘Biru Langitku, Hijau Bumiku’ tersebut, Anugerah Raksa Prasada juga diraih Fifie Raharja dan Memet A. Surahman. Kedua warga Kabupaten Bandung tersebut meraih penghargaan, yaitu untuk Kategori Individu/Kelompok Masyarakat Peduli Lingkungan. (Humas Pemkab Bandung)

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS