Kegiatan MPLS di SMAN 1 Banjaran, Pengenalan dan Pembinaan Awal Kultur Sekolah

share to whatsapp




MPLS SMAN 1 Banjaran

Pelaksanaan pembukaan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMAN 1 Banjaran diikuti kurang lebih 440 calon peserta didik baru, kegiatan ini berlangsung dari tanggal 16-18 juli 2019. Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) tahun ajaran 2019/2020 dilaksanakan selama tiga hari di sekolah-sekolah yang telah melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Kepala sekolah SMAN 1 Banjaran menyampaikan ucapan selamat datang dan meminta kepada seluruh calon peserta didik untuk dapat beradaptasi dan meninggalkan kebiasaan buruk semasa SMP di lingkungan barunya. Selasa, (16/07/2019).

Dengan kegiatan MPLS ini diharapkan para calon siswa dapat mengenal lingkungan sekolahnya dan dapat segera beradaptasi, selain itu kegiatan ini diselenggarakan pihak sekolah untuk menyeleksi sikap calon peserta didik baru sebelum ditetapkan sebagai siswa SMA Negeri 1 Banjaran.

MPLS merupakan kegiatan pertama masuk sekolah untuk mengenalkan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep, pengenalan diri serta pembinaan awal kultur sekolah.

Tujuan pengenalan lingkungan sekolah ini untuk mengenal potensi diri siswa baru serta membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, Antara lain, terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana satuan pendidikan.

Selain itu, MPLS juga dapat menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru. Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya serta menumbuhkan perilaku positif. Di antaranya kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong. (Pers Sekolah SMAN 1 Banjaran).

------
Berita lainnya seputar SMAN 1 Banjaran LIHAT DI SINI