Hartadi Firmansyah, Siswa SMAN 1 Banjaran Lolos Seleksi Belajar Bersama Maestro (BBM) 2019

share to whatsapp




Hartadi Firmansyah SMAN 1 Banjaran Kab Bandung

Hartadi Firmansyah, murid SMAN 1 Banjaran  berhasil lolos dalam seleksi Belajar Bersama Maestro (BBM) 2019 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui pengumuman peserta lolos seleksi, yang diumumkan pada tanggal 22 Mei 2019 melalui situs Belajar Bersama Maestro (https://bbm.kemdikbud.go.id).

Hartadi yang sebelumnya mengirimkan persyaratan berupa esai dan video berdurasi lebih kurang 2 menit yang ditujukan kedalam bidang seni musik, terpilih menjadi salah satu peserta dengan Maestro Djaduk Ferianto.

Wadah peserta didik dalam proses kreatif
Belajar Bersama Maestro (BBM) merupakan kegiatan tahunan yang secara rutin diadakan oleh Direktorat Kesenian, Direktorat Jendral Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2015. Kegiatan ini merupakan sebuah wadah bagi para peserta didik untuk terlibat langsung dalam proses kreatif dan keseharian para maestro Indonesia.

Kegiatan ini melibatkan 20 maestro aktif dan mumpuni di bidangnya, yakni seni rupa, seni musik, sani tari, seni media, dan seni teater. Melalui kegiatan ini, peserta didik akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi tatap muka dan memperoleh pelajaran hidup yang berharga dari kehidupan maestro.

Ketua ekskul Perkustik SMAN 1 Banjaran
Hartadi yang saat ini duduk di bangku Kelas 11 Program IPA, menjadi siswa SMAN 1 Banjaran yang pertama kalinya ikut serta dalam kegiatan Belajar Bersama Maestro. Menurutnya, seni adalah sebuah kebebasan dalam berekspresi tanpa ada batasan dan kekangan. Hartadi merupakan siswa yang aktif dalam kegiatan seni, terutama seni musik. Terlebih ia menjadi ketua dalam ekstrakulikuler Perkustik SMAN 1 Banjaran.

“Terkadang seni bukan hanya tentang estetika saja, seni juga adalah tempat kita menuangkan emosi. Terkadang terlintas dalam pikiran saya untuk ‘memajorkan yang minor’ karena menurut saya seni di lingkungan sekolah saya masih menjadi minoritas” tulis Hartadi dalam esainya. Siswa yang menyukai gitaris Synyster Gates ini, pernah menjadi juara 1 dalam lomba band akustik se-Kabupaten Bandung.

“Pertama-tama pas tau kepilih sih gak nyangka, soalnya kalo diliat dari yang lain persiapan saya cukup berantakan, dari mulai esai yang belum jadi, video yang belum dibuat dan masih banyak lagi. Tapi ya Tuhan berkata lain, kita yang berusaha Tuhan yang merealisasikan,” ujar Hartadi.

Peserta yang telah lolos dalam seleksi pelaksanaan Belajar Bersama Maestro  akan menerima pembekalan di Jakarta pada tanggal 28 – 30 Juni 2019. Pelaksanaan Belajar Bersama Maestro ini akan dilaksanakan pada 1 – 14 Juli 2019.  (Pers Sekolah SMAN 1 Banjaran)

----
Berita lainnya seputar SMAN 1 Banjaran LIHAT DI SINI