Pemkot Bandung Langsung Benahi Lokasi Banjir Bandang di Cijambe

share to whatsapp




Banjir Bandang Cijambe April 2019

Wali Kota Bandung Oded M Danial dan Wakil Walikota Yana Mulyana beserta Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Hikmat Ginanjar meninjau lokasi banjir bandang di SD Negeri 106 Ajitunggal dan SD Negeri 224 Cijambe, Selasa (02/04/2019).

Benahi bersama
Banjir yang terjadi pada hari Senin (01/04/2019) sekitar pukul 13.15 ini membuat prihatin dari semua pihak, pasalnya tanggul Sungai Cijalupang yang roboh, tepat pada bangunan SDN 106 Ajitunggal, sehingga air meluap dan meluas ke sejumlah permukiman, termasuk SD Negeri 224 Cijambe. Sementara lokasi yang paling parah adalah SDN 106 yang mencapai lebih dari 50%.

“Ini adalah bencana, bukan untuk saling menyalahkan, semuanya adalah tugas kita bersama”. Tutur Hikmat Ginanjar.

Hikmat Ginanjar menyebutkan saat melihat video penyelamatan anak-anak yang sambil mengumandangkan ayat suci Al-Quran pada saat terjangan air besar itu membuat dirinya sangat prihatin, sedih dan terharu, Hikmat meminta semua stake holder terlibat untuk mengobati rasa trauma anak anak dan guru yang menjadi korban.

Pelaksanaan USBN tetap sesuai jadwal
Selain itu, Hikmat menyebutkan akan menginventarisir ruang kelas yang dapat digunakan, sisanya akan menggunakan 9 ruang kelas SDN 224 Cijambe agar pembelajaran tetap berlangsung. Hikmat juga memastikan kegiatan USBN yang akan dilakukan oleh sekitar 240 siswa akan tetap terlaksana sesuai jadwal yang telah di tetapkan.

“Kehadiran kami selain mengunjungi juga untuk mendata sarana prasarana yang rusak dan koordinasi untuk pelaksanaan USBN,” kata Hikmat.

Hikmat Ginanjar sangat mengapresiasi dan berterima kasih terhadap semua OPD di Kota Bandung, Aparat kewilayahan, Tim Rescue, Relawan dan masyarakat sekitar yang telah membantu evakuasi dalam upaya pembersihan hari kemarin dan hari ini.

Diliburkan terlebih dahulu
Saat ditemui di lokasi, Kepala Seksi Kelembagaan Sekolah Dasar Yayat Karyati Liestiani menyebutkan anak anak akan diliburkan terlebih dahulu, dan secepatnya masuk kembali untuk mulai pembelajaran.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang PPSD Disdik Kota Bandung Abdul Gaos mengatakan, Saat ini Kasi Sarpras SD sedang melakukan pendataan sarana dan prasarana di SDN 224 Cijambe dan SDN 106 Ajitunggal yang terdampak banjir.

“Kasi Kurikulum, Deni Kurniadi juga telah mengkoordinasikan pelaksana PBM (Proses Belajar Mengajar) supaya secepatnya bisa berjalan kembali,” tutur Dani.