Inilah Lima Karya Menginspirasi di Indonesia Startup Summit 2019

share to whatsapp




Penghargaan Indonesia Startup Summit 2019

Menristekdikti Mohamad Nasir membuka Indonesia Startup Summit (ISS) 2019 di Jakarta International Expo pada Rabu (10/4/2019). ISS 2019 dihadiri lebih kurang 5.000 peserta dan menampilkan enam puluh startup karya generasi milenial terbaik Indonesia.

Menteri Nasir menyampaikan bahwa geliat startup di Indonesia tumbuh dengan sangat pesat dalam kurun waktu 4-5 tahun terakhir. Kemenristekdikti membina lebih kurang 1.307 startup dari berbagai bidang fokus. Jumlah tersebut terus meningkat dari tahun 2015 lalu yang hanya 52 startup.

Dalam kesempatan ISS 2019 ini, Kemenristekdikti mengumumkan dan memberi penghargaan kepada lima karya startup yang paling menginspirasi yang dibina Kemenristekdikti melalui Program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT).

1. The Most Inspiring Startup: Compac Motorcycle dan nama inventor Suwanto binaan Universitas Diponegoro.

2. The Most Breakthrough Startup: Kapal Pelat Datar dan nama perusahaan startup PT Juragan Kapal yang mengembangkan produk bersama Program Studi Teknik Perkapalan Universitas Indonesia (UI).

3. The Most Social Impact Startup denan nama startup Aruna Indonesia, yaitu aplikasi yang mempertemukan nelayan langsung dengan konsumen yang dikembangkan oleh Utari Oktavianty, lulusan Universitas Telkom.

4. The Most Growing Startup: GESITS yang dikembangkan oleh Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan diproduksi PT. Wijaya Manufakturing.

5. The Most Competitive Innovation: Katalis Merah Putih dengan nama inventor Profesor Subagjo dari Institut Teknologi Bandung (ITB).