9 Siswa SMP Ini Wakili Kota Bandung di OSN Tingkat Jawa Barat

share to whatsapp




Peserta OSN Jabar 2019

Sebanyak sembilan orang siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) mewakili Kota Bandung pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Provinsi Jawa Barat. Mereka akan bertanding menjadi yang terbaik di bumi Pasundan untuk menjadi perwakilan pada tingkat nasional.

Kesembilan putra putri terbaik itu dilepas secara resmi oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan SMP Dinas Pendidikan Kota Bandung, Hadiana Soeriaatmadja. Mereka akan saling beradu kemampuan dengan siswa dari kabupaten/kota lainnya pada Sabtu (13/4/2019) di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Dalam arahannya, Hadiana mengatakan bahwa Bandung terkenal sebagai kota inovatif sehingga OSN hendaknya menjadi suatu wahana pembelajaran agar anak-anak dapat mengembangkan kompetensi yang dimilikinya. Terpenting dari kompetisi tersebut adalah dapat mengimplementasikan sarana pendidikan karakter ke arah yang lebih baik.

“Kalian semua hebat. Karena untuk sampai di tahap ini harus bersaing dengan ratusan peserta. Apresiasi kepada orang tua dan pembimbing yang telah hadir memberikan yang terbaik," kata Hadiana saat melepas delegasi OSN di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kota Bandung, Jalan Ahmad Yani, Jumat (12/4/2019).

Menurutnya, tidak sedikit yang berhasil dalam pendidikan atau dalam bidang lain, karena terbentur dengan pembinaan orang tua. Pencapaian sampai pada tahap ini merupakan pembuktian keberhasilan bimbingan sari orangtua maupun pembimbing di sekolah.

"Dan di sini saya bisa melihat orang tua serta pembimbing yang hebat, karena bisa menghantarkan putra/putrinya sampai di jenjang ini,” tutur Hadiana

Untuk diketahui, OSN diselenggarakan sekali dalam satu tahun dan dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat Kecamatan, Kota, Provinsi, hingga Nasional.

Adapun sembilan delegasi siswa Kota Bandung pada OSN tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2019 diantaranya:

Mata Pelajaran Matematika:
1. Muhammad Dihya Aby Abdi Manaf (SMP Pribadi Bandung)
2. Rafe Max Alessandro (SMPK 1 BPK Penabur)
3. Qodri Azkarayan (SMPN 2 Bandung)

Mata Pelajaran IPA:
4. Nabil Tahtul Kautsar (SMP Pribadi Bandung)
5. Raquel Verena Iskandar (SMPK 5 BPK Penabur)
6. Akinaura Irbah Priambudi (SMP Alam Bandung)

Mata Pelajaran IPS:
7. Naila Yasmubillah (SMP Laboratorium Percontohan UPI)
8. Najwa Afifah Deswantiani (SMPN 8 Bandung)
9. Nathanael Setiorahardjo (SMP Kristen 2 Bina Bakti).


share to whatsapp