Seperti Biasa, Banjir Bandung Selatan Ganggu Arus Lalu Lintas





Banjir Bandung Selatan Maret 2019

Hujan dengan durasi lumayan pada Rabu (6/3/2019) menyebabkan banjir di beberapa kecamatan di Bandung Selatan. Pantuan Seputar Bandung Raya pada Rabu malam, beberapa kawasan langganan banjir seperti di Andir, Citeureup, hingga Cijagra berimbas pada kemacetan di beberapa ruas jalan penting penghubung Kabupaten dan Kota Bandung.

Sebabkan kemacetan parah
Salah satunya di kawasan Jalan Raya Bojongsoang, hingga tengah malam antrean kendaraan mengular dari arah keluar tol Buah Batu sampai simpang Baleendah. Kendaraan tidak bisa menerabas genangan air di dekat Jembatan Citarum. Selain di kawasan Dayeuhkolot,  kecamatan lain yang terdampak, Kecamatan Baleendah, Kecamatan Banjaran, dan Kecamatan Bojongsoang. Sementara di Bandung Timur juga menggenangi sebagian kawasan di Kecamatan Cileunyi dan Kecamatan Rancaekek.

Warga Dayeuhkolot dan Baleendah terpaksa mengungsi akibat banjir yang hampir setinggi orang dewasa. Titik genangan di Jln. Dayeuhkolot kawasan pabrik dan di jembatan Dayeuhkolot menghentikan arus lalu lintas. Di area jembatan Dayeuhkolot dekat SPBU tinggi banjir sampai sepaha orang dewasa. Genangan juga terlihat di area Zipur menuju belokan Pasar Dayeuhkolot dan sebelum Jembatan Cipurut (Terusan Bojongsoang). Kendaraan roda dua pun terlihat banyak yang mogok karena nekat menerobos genangan air.

Pantauan pada Kamis (7/3/2019) kendaraan masih mengular di sepanjang Jln. Bojongsoang arah keluar tol Buah Batu sampai jembatan Citarum menuju Baleendah. Sebaliknya, jalan dari pertigaan kersen (pos polisi) sampai terusan Buah Batu terlihat agak lengang. Untung saja pada Kamis ini bertepatan dengan libur Hari Raya Nyepi.

Banjir kawasan Bandung Timur
Sementara di kawasan Bandung Timur, tanggul anak sungai Cinambo yang berada di sekitar Perumahan Bumi Adipura, Kel. Rancabolang, Kec. Gedebage, kembali jebol, Rabu, 6 Maret 2019. Hal itu menyebabkan daerah di area Perumaha Adipura tergenang banjir hingga Kamis, 7 Maret 2019.

Selain itu, luapan sungai Citarik juga mengakibatkan banjir di wilayah Rancaekek Kulon dan Rancaekek Wetan, serta sebagian wilayah Bojongemas, Kec. Solokanjeruk. Adapun luapan sungai Cikeruh juga mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah di Desa Cileunyi Wetan dan Cileunyi Kulon, Kec. Cileunyi, Kab. Bandung.

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS