Informasi Seputar Penerimaan Mahasiswa Jalur Mandiri Unpad 2019






Selain jalur SNMPTN dan SBMPTN, mulai 2019 Unpad akan membuka seleksi penerimaan jenjang Sarjana melalui jalur mandiri. Berikut ini informasi seputar penerimaan mahasiswa baru Jalur Mandiri di Unpad tahun 2019.

1. Alokasi daya tampung
Sesuai aturan dari Kemenristekdikti pada tahun ini, persentasi alokasi daya tampung Sarjana reguler di Unpad, yaitu minimal 25 persen untuk SNMPTN, 50 persen untuk SBMPTN, dan 25 persen untuk jalur mandiri.

2. Satu metodologi ujian
Seleksi jalur SBMPTN maupun jalur mandiri hanya menggunakan satu metodologi ujian, yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Penyelenggaraan UTBK akan dikelola oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).UTBK ini nantinya akan dilakukan sebelum masa pendaftaran SBMPTN. Dengan demikian, peserta mendaftar UTBK tanpa memilih dahulu program studi yang diinginkan.

3. Pendaftaran UTBK
Adapun untuk pendaftaran UTBK ini, kata Rektor akan dibuka pada 1 Maret hingga 1 April 2019. Sementara untuk pelaksanaan UTBK dilakukan mulai 13 April hingga 26 Mei 2019. Setiap peserta diberi kesempatan maksimal 2 kali ujian. Kalau dia ujian di kelompok yang sama, nilai tertinggi yang akan diambil. Kalau di bidang berbeda, tergantung program studi mana yang dia ambil di SBMPTN.

Hasil UTBK sendiri akan diterima oleh setiap peserta. Hasil yang diterima menjabarkan seluruh nilai (subskor) dari komponen tes yang diujikan. Upaya ini merupakan upaya dari Kemenristekdikti untuk memperoleh calon mahasiswa lebih tepat berdasarkan kemampuan yang terlihat dari hasil tes.

4. Prodi yang membuka pendaftaran jalur mandiri
Jalur mandiri ini akan dibuka terutama bagi program studi yang membutuhkan ujian tambahan di luar hasil UTBK. Contohnya, beberapa prodi di Unpad telah menyiapkan materi ujian tambahan. Ada bentuknya wawancara, tes TOEFL, portofolio, tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI), dan tes praktikum. Jalur mandiri imi disediakan sebagai bagian untuk menyempurnakan pola tes ini.

5. Jalur mandiri kelas internasional
Selain untuk Sarjana reguler, jalur mandiri tahun ini juga dibuka untuk kelas internasional program Sarjana. Kelas internasional ini akan dibuka di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, dan Fakultas Farmasi.

Kelas internasional ini dapat diikuti oleh mahasiswa domestik maupun mahasiswa asing. Ada beberapa perbedaan mendasar dengan program Sarjana reguler, seperti bahasa pengantar perkuliah menggunakan bahasa Inggris, hingga standar kurikulum yang melebihi standar di Sarjana reguler.

6. Biaya kuliah di Unpad 2019
Untuk biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Unpad tidak mengalami kenaikan.

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS