Informasi

ECO Bambu Adakan Trauma Healing dan Santunan Korban Tsunami Banten




trauma healing ECO Bambu tsunami Banten

Pada Sabtu, 22 Desember 2018, kawasan Selat Sunda berduka. Peristiwa tsunami yang disebabkan oleh letusan Anak Krakatau di Selat Sunda menghantam daerah pesisir Banten dan Lampung. Sedikitnya 426 orang tewas dan 7.202 terluka dan 23 orang hilang akibat peristiwa ini. Menurut, tsunami disebabkan pasang tinggi dan longsor bawah laut karena letusan gunung tersebut.

Belum usai duka bencana tsunami, sejak Rabu dinihari  (26/12/2018) Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten tergenang banjir sejak Rabu (26/12) dini hari. Air menggenangi permukiman dan jalan raya Desa Kalang Anyar. Warga pun terpaksa mengungsi di posko-posko pengungsian karena hunian mereka tergenang dan aliran listrik diputus.

Untuk membantu korban bencana alam di Banten, pada Sabtu, 19 Januari 2019, perwakilan dari tim ECO Bambu Cipaku memberikan penanganan penanganan secara psikologis  (trauma healing) dan santunan kepada korban tsunami Selat Sunda. Kegiatan trauma healing dan pemberian sumbangan bertempat di Kecamatan Labuan, Banten. Tim ECO Bambu mengajak anak-anak dan para orang tua bermain permainan tradisional khas ECO Bambu, seperti surser, cingciripit, ular tangga dan beberapa permainan lainnya.

Selain memberikan trauma healing, ECO Bambu juga membagikan perlengkapan sekolah kepada anak-anak yang ikut dalam kegiatan tersebut.

"Kegiatan  ini dilaksanakan untuk menghibur untuk penangana secara psikologis dan memberi sedikit bantuan kepada korban tsunami Selat Sunda. Untuk mendukung kegiatan ini, kami sengaja berangkat dari Bandung ke Banten ini dengan membawa mobil perpustakaan keliling yakni Mobil Pintar," jelas Kamal, koordinator dari ECO Bambu.

Kegiatan ini, tambah Kamal, dilaksanakan sebagai bagian empati ECO Bambu Cipaku kepada korban bencana terutama anak-anak.. Adapun pendanaan untuk sumbangan kegiatan kemanusiaan ini mereka sisihkan dari penghasilan ECO Bambu dan dari hasil jualan kalender ECO Bambu 2019 yang 100% hasil penjualannya dialokasikan untuk santunan ini. Kegiatan ini pun tidak akan berhenti di sini. Rencananya, minggu berikutnya tim ECO Bambu akan merencanakan mengadakan kegiatan trauma healing di wilayah Kabupaten Bandung.

Profil ECO Bambu
ECO Bambu merupakan singkatan Education Cipaku Oase Barisan Muda Bandung Utara. Lokasinya sendiri di kawasan Jln. Cipaku Indah, Cidadap, Kota Bandung. Di kawasan sanggar seni budaya ini banyak didominasi dengan adanya bambu; bangunan-bangunan bambu; hingga tempat latihan dari bambu.

ECO Bambu diresmikan pada tanggal 2 Maret 2015. Sanggar seni budaya yang diinisiasi oleh Andreas Wihardja ini concern pada bidang wisata pendidikan, pengenalan seni budaya Sunda, hingga  permainan tradisional.


share to whatsapp