Informasi

SMK Raden Umar Said, Sekolah dengan Konsep Belajar Kekinian




SMK RUS Kudus

Jangan bayangkan konsep sekolah dengan gaya mainstream yang biasa kita temui, dengan bangku yang berjejer; bila ada praktik sekali-kali ke ruangan lab; atau peraturan yang kaku. Di sekolah ini, konsep belajar sekolah menjadi ruang berinovasi dan berkreativitas dengan mengusung konsep bahwa belajar di sini adalah bermain. Pola pembelajaran dibuat seperti modern class dengan sistem pem­belajaran non classical. Presen­tasi, ceramah di sini dikurangi dimana pembelajaran dibuat ala play­grup.

Inilah SMK Raden Umar Said yang juga dikenal dengan adanya RUS Animation Studio. SMK di Kudus ini pasti bikin betah para pelajar zaman now. Apalagi yang dipelajari adalah teknologi era kekinian yang digandrungi anak-anak milenial. Salah satu jurusan yang me­nonjol di sekolah tersebut adalah ani­masi.

5 Kompetensi Keahlian
SMK Raden Umar Said  terletak di Jalan Sukun Raya No.09, Besito, Gebog, Besito Kulon, Besito, Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Sekolah yang punya jurusan jurusan animasi yang terbilang langka untuk tingkat SMK. SMK Raden Umar Said Kudus memiliki 5 Kompetensi Keahlian, yaitu :
1. Desain Grafika
2. Produksi Grafika
3. Desain Komunikasi Visual
4. Animasi
5. Rekayasa Perangkat Lunak

RUS Animation Studio bertujuan untuk melahirkan animator-animator yang handal dan mengenalkan kearifan lokal melalui karya animasi 3D. Adapun konsep kelas yang dibuat menarik seperti tempat bermain, ma­ka siswa akan menikmati. Saat sis­wa itu betah, maka guru akan mudah menyampaikan ilmu dan siswa akan mencari inspirasi.

Fasilitasnya pun sangat lengkap dan canggih, seperti ruang animasi, ruang recording, ruang colour grading, mini theater dan sound editing. Program kejuruan animasi di SMK Raden Umar Said didukung oleh praktisi yang berkualitas dan telah dikenal dalam industri animasi. Salah satunya pengajar yang sangat berpengalaman di Walt Disney Animation Studio, yaitu Woody Woodman. Ia adalah sosok yang ikut membuat animasi Mulan (1998), Tarzan (1999), dan Brother Bear (2003).

Belajar tidak bikin bosan
Dengan sistem Pendidikan yang diterapkan oleh SMK Raden Umar Said Kudus ini, peserta didiknya tidak lagi merasa bosan karena hanya mendengarkan guru di dalam kelas. Mereka bisa saling berbagi ilmu dan menciptakan karya-karya animasi yang membanggakan. Dan untuk arah belajar, tidak begitu mengejar prestasi namun lebih mementingkan porto­folio. Asyik banget kan?

Bukan hanya ruangan utama yang luas dan lega, sekolah ini dilengkapi dengan aneka teknologi kekinian. Misalnya, komputer dihadirkan dengan spesifikasi mumpuni untuk mendukung bikin animasi. Bayangkan saja, bahkan untuk komputer spek terendah yang dipakai adalah prosesor intel core I7 dengan RAM sebesar 16 GB. Tak heran bila karya-karya animasinya pun berkelas dunia.

Fasilitas yang ada di dalamnya di antaranya ruang produksi, ruang audio untuk dubbing, colouring, digital drawing, ruang pameran, ruang praktik, ruang gambar manual, ruang kelas inovasi, dan lain sebagainya.

Raden Umar Said (RUS) Animation Studio sendiri dibangun berkat kerjasama dengan Djarum Foundation, Autodesk, dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation.


share to whatsapp