Kota Bandung Raih Penghargaan Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2018





Bandung raih IRSA 2018

Kota Bandung kembali meraih penghargaan. Kali ini Kota Bandung menerima penghargaan Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2018. Hal itu karena Kota Bandung dinilai menerapan tata kelola keselamatan jalan.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menghadiri sekaligus menerima penghargaan pada Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2018 di Hotel JW Marriott Kuningan Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Tahun ini, acara penganugerahan IRSA 2018 dihadiri sejumlah menteri. Di antaranya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro dan Menteri Perhubungan, Ir. Budi Karya Sumadi.

Indonesia Road Safety Award 2018 merupakan wujud apresiasi terhadap kinerja kota dan kabupaten dalam penerapan progran tata kelola keselamatan jalan terbaik di wilayahnya.

Dalam IRSA 2018, dilombakan lima pilar. Dari lima pilar, Kota Bandung meraih penghargaan di dua pilar, yaitu pilar Jalan yang Berkeselamatan serta pilar Penanganan Pra dan Paska Kecelakaan.

Selain itu, Kota Bandung juga menerima dua penghargaan khusus. Pertama sebagai kota dengan program inovasi terbaik dalam upaya meningkatkan tata kelola keselamatan jalan. Kedua, penghargaan untuk Kota terbaik pada program edukasi keselamatan alan.

Tak selesai sampai di situ, Kota Bandung juga menjadi finalis untuk Kategori Kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi. Dengan semua prestasi tersebut, Kota Bandung meraih penghargaan Pemenang Utama berupa Trofi IRSA 2018.

Atas sederet penghargaan tersebut, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengaku sangat bangga. “Alhamdulillah kinerja kita diapresiasi. Ini semua merupakan hasil kerja keras dari semua pihak di Kota Bandung,” katanya.

Namun ia berharap, Kota Bandung bisa terus meningkatkan upaya keselamatan di jalan raya. Sehingga bisa menekan dan mengurangi kecelakaan di jalan raya. “Kita harus terus berinovasi. Karena yang terpenting adalah keselamatan di jalan raya semakin meningkat,” tuturnya.

Perlu diketahui, data dari Korlantas Polri, tahun 2017 maaih tercatat sebanyak 98.414 kasus kecelakaan lalu lintas atau turun sekitar 7% dibandingkan tahun 2016 yang sebanyak 105.374 kasus. Dampak kecelakaan tersebut merenggut sekitar 24.213 jiwa pada 2017.

Angka ini turun sekitar 6% dibandingkan setahun sebelumnya sebanyak 25.859 jiwa. Walaupun mengalami penurunan setiap tahunnya, namin masih relatif tinggi dan diperlukan partisipasi dan kolaborasi semua pihak untuk memujudkan zero accident di Indonesia.

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS