Informasi

Jutaan Massa Menghadiri Reuni Akbar 212 di Kawasan Monas




Reuni Akbar 212 Tahun 2018

Jutaan massa dengan membawa bendera merah putih dan bendera kalimah tauhid, menyemut di kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta pada Minggu, (02/12/2018) dalam Reuni Akbar 212. Aksi silaturahmi akbar umat muslim ini pun menduduki puncak trending twitter dengan tagar #ReuniAkbar212diMonas dan #IslamSejuk.

Dari pantauan di lokasi, masyarakat datang berkelompok dengan menggunakan kendaraan bus atau angkutan yang lainnya. Begitu pula dengan massa yang menggunakan angkutan kereta api, salah satunya rombongan dari Bandung. Para jamaah terlihat mengenakan pakaian muslim dengan dominasi warna putih dan hitam. Takbir, tahmid, dan sholawatan pun digemakan oleh para jamaah.

Massa terlihat sudah berkumpul sejak dinihari dengan digelarnya shalat Tahajud bersama dengan imam Buya Ahmad Kurtubi dan doa oleh KH Abah Raudh Bahar. Waktu adzan subuh berkumandang, shalat berjamaah pun digelar dengan Imam KH Nashier Zein dan Zikir bada subuh oleh Hb.Muhammad Al Athos dan Hb Muhsin bin Zait al Athos.

Selanjutnya pada pukul 05.00 - 05.30 dilaksanakan dzikir dan istighotsah kubro yang dipimpin  Ust, H AbdulSyukur. Rangkaian kegiatan selanjuya diisi dengan peringatan Maulid Nabi, pemutaran film 7 menit karya FRONT TV; hingga pada pukul 06.30 pembukaan oleh para MC  dengan  MC utama: DR. Ust Haikal Hasan (UHH).

Bukan agenda politik
Tepat sebelum pukul 7 pagi, massa kemudian secara bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" dipimpin Seluruh Vokalis Izzatul Islam,SOU dan PentaBoyz serta Sang Alang dan Ari Untung leading. Hingga sampai siang jelang dzuhur, rangkaian acara pun diisi dengan prakata ketua panitia, mars Bela Islam, hingga sambutan dari Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan sambutan Ketua DPR/MPR Zulkifli Hasan.

Juga dalam kesempatan tersebut, Prabowo diberi kesempatan untuk memberi sambutan. Namun, dalam sambutan singkatnya ia tidak bicara masalah politik. Ia mengaku patuh pada ketentuan menyangkut posisinya sebagai capres yang akan bertarung di Pilpres 2019 nanti.

Dengan digelarnya Reuni Akbar 212 ini, kegiatan car free day (CFD) hanya digelar di sepanjang Jln. Jenderal Soedirman, dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga Bundaran Senayan. Adapun, CFDdi Jalan MH Thamrin, dari Bundaran HI hingga Patung Arjuna Wiwaha atau yang dikenal Patung Kuda (simpang Monas) ditiadakan.


share to whatsapp