Informasi

Pengecoran Terusan Bojongsoang, Arus Lalu Lintas Tersendat




Pengecoran Terusan Bojongsoang

Bagi Anda yang biasa lewat jalur Bojongsoang menuju Baleendah via Cijagra (Jembatan Citarum Lama), ada baiknya mencari jalur alternatif ke Dayeuhkolot. Pemantuan seputarabandungraya.com pada Jumat (26/10/2018) selain perbaikan jembatan, di arah sebelumnya pun sedang dilakukan peninggian jalan dengan pengecoran. Arus lalu lintas pun dilakukan buka-tutup dan bila jam sibuk terjadi kemacetan panjang.

Jalur dekat RM Ampera atau kawasan Cigebar tersebut memang sudah selayaknya ditinggikan. Setiap musim hujan, jalur ini biasa jadi langganan banjir dari luapan bekas sungai Citarum lama. Akibatnya, arus lalu lintas biasanya kerap macet luar biasa. Ketinggian air banjir yang meluap biasa menyebabkan kendaraan terutama roda dua mogok. Terakhir kemacetan parah di kawasan ini terjadi  pada musim hujan bula Febuari-Maret 2017 lalu.

Lepas dari titik pengecoran, beberapa puluh meter ke depannya sedang ada perbaikan jembatan Citarum lama. Jembatan dekat SPBU ini dilakukan perbaikan dari 8 Oktober rencananya sampai 15 Desember 2018. Perbaikan berfokus pada sambungan baut di plat lantai jembatan dan lapisan permukaan aspal.

Sambungan baut yang ada di plat lantainya akan diperbaiki, lalu mengecet ulang plat lantainya dan memperbaiki lapisan aspalnya. Lapisan aspal akan dikembangkan agar kuat dan tahan lama menempel di lapisan baja.

Selama perbaikan jembatan Citarum, kendaraan bermuatan berat tidak boleh melintas di sana lantaran akan ada pembongkaran plat lantai. Arus lalu lintas selama perbaikan akan dilakukan sistem buka tutup.

Titik kemacetan lain di kawasan Jln. Raya Laswi tepatnya di daerah Jelekong, Baleendah. Dari arah Kampung Seni Budaya Giriharja sampai pertigaan ke Jln. Siliwangi, arus lalu lintas dilakukan buka tutup karena baru sebagian jalan yang dicor. Lokasi lainnya yang dicor adalah jalur Jln. Pacet Ciparay ke arah Cikoneng, tepatnya di kawasan Gardu.