Informasi

Disdik Kota Bandung Gelar Bimtek Pelaporan Evaluasi DAK Nonfisik BOP PAUD




Bimtek PAUD DIkmas Disdik Bandung

Kadisdik Kota Bandung Elih Sudiapermana membuka acara Bimbingan Teknis Pelaporan Evaluasi DAK Nonfisik BOP PAUD. Acara berlangsung di Aula Bumi Kitri Pramuka, Jln. Cikutra No. 276 A Bandung (16/10/2018). Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan PAUD Dikmas Abdul Gaos, dan Kepala Seksi Pendidikan Anak Usia Dini Ahmad Asikin.

Layanan PAUD jalur formal, informal, dan nonformal
Dalam sambutannya Kadisdik mengatakan bahwa menurut Peraturan Pemerintah No. 2 Tahun 2018 tentang Standar Pelayan Minimal memerintahkan setiap kota agar melaksanakan layanan PAUD wajib kepada kelompok 5-6 tahun. Layanan PAUD itu sendiri bisa dilakukan melalui jalur Formal, Nonformal dan Informal.

“Anak-anak tidak boleh sejak kecil tercerabut dari keluarganya, maka saya titip kepada semua agar pendidikan dapat terlayani karena PAUD merupakan urusan bersama. Pendidikan bukan sekedar kurikulum namun esensinya menyiapkan anak-anak agar bisa berdaya guna di masyarakat pada akhirnya," tutur Kadisdik.

Ahmad Asikin dalam laporannya menyatakan bahwa BOP ini sudah terealisasi ke 964 lembaga PAUD swasta baik formal maupun nonformal.

“Bantuan sudah terealisasi maka kewajiban lembaga adalah mempertanggungjawabkan apa yang sudah diterima. Maka diharap ada evaluasi sejauh mana laporan yang sudah dibuat, untuk monitoring lapangan. Jadi, ketika Bapak/ Ibu mengirim laporan maka kesalahan bisa diminimalisir,” tutur Ahmad.

Empat gelombang
Acara ini diikuti oleh 1100 peserta perwakilan PAUD di tiap kecamatan yang terbagi menjadi empat gelombang.

Gelombang 1Selasa 16 Oktober 2018 pukul 08.00 s.d selesai, para peserta dari kecamatan: Ujungberung, Cibiru, Panyileukan, Arcamanik, Antapani, Gedebage, Rancasari, Cinambo.

Gelombang 2: Selasa 16 Oktober 2018, pukul 13.00 s.d selesai, peserta dari Kecamatan Mandalajati, Buahbatu, Kiaracondong, Bandung Kidul, Lengkong, Regol, Batununggal.

Gelombang 3Rabu 17 Oktober 2018, pukul 08.00 s.d selesai, peserta dari Kecamatan Sumur Bandung, Cibeunying Kidul, Cibeunying Kaler, Coblong, Cidadap, Bandung Wetan, Sukajadi, Cicendo.

Gelombang 4Rabu, 17 Oktober 2018, peserta dari Kecamatan Sukasari, Astanaanyar, Andir, Bojongloa Kaler, Bandung Kulon, Babakan Ciparay, Bojongloa Kidul.
Narasumber yang dihadirkan berasal dari Polrestabes Bandung, organisasi Mitra, dan Tim BOP PAUD Dinas Pendidikan. (Tim Kehumasan – DisdikBdg).