Informasi

Bandung Santun, Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah




Pendidikan Karakter Bandung Santun

Dalam rangka penguatan karakter peserta didik di lingkungan satuan pendidikan, Disdik Kota Bandung, akan melaksanakan Ikrar “Bandung Santun”. Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan secara serentak oleh seluruh SD dan SMP di Kota Bandung pada Kamis, 1 November 2018. Ikrar ini dikolaborasikan dengan perayaan hari Outdoor Classroom Day (OCD) atau Hari Belajar di Luar Kelas yang juga jatuh pada tanggal 1 November.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, Disdik bersama para Ketua Gugus SD 1 - 73 serta 57 Kepala SMPN mengadakan rapat persiapan kegiatan di SDN 113 Banjarsari, Selasa (30/10/2018). Dengan melibatkan narasumber Ketua Komunitas Literasi Infinity Muliani. Berkenan membuka acara sekaligus memberi arahan adalah Kepala bidang PPSMP Hadiana Soeriaatmadja.

Dalam arahannya Hadiana mengatakan bahwa Ikrar Bandung Santun ini adalah salah satu upaya Disdik Kota Bandung dalam meningkatkan karakter peserta didik juga sebagai implementasi dari Pendidikan Bandung Masagi.

Pada kesempatan yang sama Kepala Seksi Kelembagaan dan Peserta Didik Suryadi menegaskan bahwa Disdik harus bisa mengoptimalkan peran sekolah terhadap lingkungan sekitarnya. Pengaruh positif diupayakan datang dari sekolah dan dibawa ke lingkungan dimana peserta didik itu tinggal. Sehingga, nantinya kata- kata kasar berubah menjadi kata yang santun.