Informasi

Pembelajaran Sains Berbasis STEM untuk Pendidikan Era Kekinian




Workshop Tim Sekolah Juara Bandung

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana membuka acara kegiatan Workshop Tim Sekolah Juara dalam Rangka Persiapan Pelaksanaan Integrasi Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics). Acara berlangsung dari pukul 08.00 WIB s.d selesai, diikuti para Kepala Sekolah SMP Negeri dan Swasta serta Pengawas SMP.
Bertempat di Gedung P4TK IPA, Jalan Diponegoro No. 12 Citarum Bandung Wetan Kota Bandung (06/08/2018).

Kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama SEAMEO Sekretariat Bangkok, SEAQIS Bandung dan SEAQIM Yogyakarta ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kota Bandung. Secara umum tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan arah kebijakan implementasi Kurikulum 2013 untuk mencapai keterampilan abad 21. Sedangkan tujuan khususnya adalah untuk memberikan pemahaman kepada Kepala Sekolah dan pengawas mengenai pendidikan abad 21 dan filosofi STEM, kerangka Standar pendidikan STEM serta strategi integrasi STEM dalam Implementasi Kurikulum 2013 di sekolah.

Dalam kesempatan tersebut Kadisdik menyebutkan untuk menghadapi tantangan Abad 21 diperlukan pembelajaran sains yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Salah satunya dengan mempersiapkan pelaksanaan integrasi pembelajaran berbasis STEM. Dirinya berharap agar semua stakeholder pendidikan ikut mendorong kegiatan yang bermuara pada pelayanan pendidikan bermutu.

“Dengan metode STEM anak anak diharapkan tidak hanya mengandalkan cara menghafal semata. Namun diharapkan anak mampu berfikir kritis, bekerja sama, serta mempunyai keterampilan,” tutur Kadisdik.

Adapun susunana acara kegiatan ini tediri dari: Pembukaan, Kebijakan Dinas Pendidikan Kota Bandung, Program Integrasi STEM dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Kota Bandung, Karakteristik STEM dan Integrasi STEM dalam kurikulum 2013, Strategi Integrasi STEM dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah, Rencana Tindak lanjut dan Penutupan.*(Niradea – Scars Disdik Bandung)