Informasi

Festival Kaulinan Budak Lembur di Festival Citylink Bandung




Festival Kaulinan Barudak Lembur

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana membuka acara kegiatan kick off Day dan Sekolah Ramah Anak (SRA) berupa Festival Kaulinan Budak Lembur, tempat GF Atrium Festival Citylink Bandung, Senin, (27/08/2018).

Dalam sambutannya Kadisdik mengatakan bahwa anak adalah masa emas. Masa-masa yang penting dalam pertumbuhannya, untuk itu perlu dibuat pondasi yang kuat. Kita sebagai orang tua harus bisa membuat pondasi yang positif untuk anak-anaknya. Salah satu contohnya mengajak anak bermain sambil mengenalkan membaca, lalu memperkenalkan karakter baik yang ada dalam buku tersebut.

“Sukses tidaknya anak, tentu tergantung dari peran orang tua. Maka orang tua sebaiknya memberi ruang pada anak untuk dapat berkembang. Fasilitasi mereka dengan kegiatan yang positif”, ungkapnya.

Kemudian dirinya menambahkan bahwa festival atau kegiatan seperti ini bisa mengingatkan para orangtua kembali pada permainan masa lalu yang dulu pernah ada. Dan kita sebagai orang tua, berkewajiban untuk menumbuh kembangkan kreativitas yang dimiliki anak.

Lebih jauh Kadisdik meminta agar para orang tua tidak memaksakan anak untuk menjadi pintar dalam suatu hal. Namun buatlah anak pintar dengan sendirinya dengan penuh kenyamanan.

"Jangan paksakan anak untuk pintar dalam hal akademik saja, namun sebenarnya ada hal lain yang bisa membuat anak pintar yaitu dari segi kompetensi lain" ungkapnya.

Kegiatan ini terselenggara atas inisiatif dari Infinity Komunitas Literasi Jabar bekerjasama dengan fasilitator Sekolah Ramah Anak (SRA) Jabar. Tujuan akhir kegiatan ini adalah untuk mendukung pendidikan penguatan berkarakter melalui perwujudan sekolah ramah anak.

Acara diisi dengan beragam kegiatan diantaranya: tampilan kreativitas anak, workshop bagi guru, dengan materi: Internet Sehat dan Berbahasa Santun di Media Sosial, Berbahasa Asertif Bersama, Pelatihan Penulisan Caption, Praktik Penulisan Caption, Vlog, dan Kewirausahaan. Acara berlangsung selama tiga hari, yakni dari tanggal 27 sampai 29 Agustus 2018. *(Niradea – Scars Disdik Bandung)


share to whatsapp