Informasi

Pelatihan Make Up bagi Warga Belajar Keaksaraan Fungsional




Pelatihan Make Up PNFI Jayagiri

Kepala Seksi Pendidikan Masyarakat Cucu Halimah membuka kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Nonformal, Kegiatan Pelatihan Make Up bagi warga belajar Keaksaraan Fungsional. Acara berlangsung di Pisset Square Jalan Pelajar Pejuang 45 No. 119 Bandung, Rabu 4- Juli 2018.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua hari yakni 4-5 Juli 2018. Hari pertama peserta menerima materi berupa teori sedangkan di hari ke dua praktek langsung tentang pelatihan make up. Ada pun tujuan kegiatan ini adalah melaksanakan program kerja Dinas Pendidikan Kota Bandung 2018, memberikan bekal keterampilan vokasional berupa pelatihan make up untuk dijadikan modal serta mencari lapangan pekerjaan baik bekerja pada salon salon kecantikan maupun mampu berwirausaha secara mandiri.

Peserta sebanyak 100 orang warga belajar pendidikan keaksaraan fungsional yang telah memiliki Surat Keterangan Melek Aksara ( SUKMA 1). 80% berasal dari peserta didik Keaksaraan fugsional dari 11 lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan 20% peserta berasal dari masyarakat yang membutuhkan.

Narasumber yang didatangkan berasal dari: PP PAUD Dikmas Jayagiri Provinsi Jawa Barat, Ketua PLKP Provinsi Jawa Barat, Ketua Katalia Provinsi Jawa Barat, Ketua Harpi Melati Provinsi Jawa Barat dan tim Inez.

Materi yang dterima peserta terdiri dari teori dan praktek. Materi teori terdiri dari: Pendidikan karakter, kewirausahaan dan etika pergaulan sementara prakteknya adalah pelatihan make up secara langsung. Anggaran berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD II) DPA Dinas Pendidikan Kota Bandung tahun 2018.

Cucu mengharapkan semoga dengan mengikuti kegiatan ini maka diharapkan terlatihnya warga belajar keaksaraan fungsional khususnya yang memiliki Sukma 1 tingkat Kota Bandung. Harapan lainnya peserta semakin percaya diri dalam pergaulan serta mampu membuat mereka mandiri. *(Niradea – Disdik Bandung)