Informasi

5 Aplikasi Ini Membantu Perjalanan Mudik Anda




Aplikasi Play Store Mudik Lebaran

Tradisi mudik merupakan momen yang biasa dilakukan pada libur/cuti bersama Lebaran. Dalam menghadapi perjalanan mudik, urusan kelancaran berlalu lintas adalah faktor utama. Beda dengan zaman dulu dimana para pemudik "pasrah" pada situasi arus lalu lintas. Namun kini seiring berkembangnya dunia internet, ragam aplikasi pun bisa Anda manfaatkan saat melakukan perjalanan mudik. Yang dibutuhkan hanyalah unduh aplikasi; koneksi internet smartphone; dan kecukupan isi baterai gawai Anda.

Berikut ini aplikasi yang dapat membantu saat perjalanan mudik Lebaran 2018:

1. Aplikasi Google Maps
Aplikasi ini biasa sudah terintegrasi dengan gawai Android. Pengaturan lokasi dan tujuan bisa dilakukan dengan memilih Go di sebelah kiri bawah. Setelah itu, Google Maps akan menampilkan rute perjalanan sekaligus kondisi kemacetan jalan beserta estimasi waktu sampai.

Jika jalanan macet, aplikasi akan memberikan beberapa alternatif rute dengan perkiraan waktu tempuh yang berbeda. Selain itu, Google Maps juga dapat menampilkan gambar dengan memanfaatkan peta satelit dan bisa menampilkan apa saja yang ada di sekitar, seperti pom bensin, restoran, supermarket atau kedai kopi.

Unduh aplikasi DI SINI

2. Aplikasi Waze
Aplikasi ini serupa dengan Google Maps. Aplikasi waze menampilkan pilihan rute dan estimasi waktu perjalanan, serta dilengkapi asisten virtual yang dapat memandu perjalanan Anda. Selain informasi mengenai kemacetan lalu lintas, aplikasi ini menyediakan informasi mengenai kecelakaan, cuaca, perbaikan jalan, hingga razia polisi.

Unduh aplikasi DI SINI

3. Aplikasi Info Mudik 2018
Info Mudik 2018 adalah aplikasi yang dibuat oleh pengembang bernama Tuturu Dev. Aplikasi ini akan memberikan informasi mudik, baik untuk yang menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Unduh aplikasi DI SINI

4. Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan
Demi mendukung kelancaran pelayanan kesehatan selama Mudik Lebaran 2018, BPJS Kesehatan pun meluncurkan Aplikasi Mudik. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mengakses beragam informasi seputar Posko Mudik BPJS kesehatan yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Bahkan pengguna bisa mengetahui letak fasilitas kesehatan terdekat dan beberapa lokasi penting saat perjalanan mudik.

Fitur yang terdapat pada aplikasi yakni Telepon Penting, berisi informasi daftar telepon penting yang dibutuhkan oleh Peserta JKN dan masyarakat umum saat mudik. Fitur Kantor BPJS Kesehatan, berisi informasi alamat dan nomor telepon Kantor Pusat, Kantor Divisi Regional, hingga Kantor Cabang serta KLOK di seluruh Indonesia.

Unduh aplikasi DI SINI

5. Aplikasi JMCARe
JMCARe merupakan aplikasi besutan PT Jasa Marga.  Fitur Laporan Pengguna Jalan dapat menyampaikan informasi mengenai jalan tol seperti kecelakaan di jalan tol dan kerusakan fasilitas pelayanan. Aplikasi JMCARe dapat diunduh secara gratis di ponsel berbasis Android (Play Store) dan di perangkat iOS (App Store).

Unduh aplikasi DI SINI


share to whatsapp