Kodomo Challenge, Program Edukasi Anak Indonesia





Kodomo Challenge

Benesse Corporation, sebuah perusahaan pendidikan nomor satu di Jepang,menghadirkan Kodomo Challenge, program edukasi untuk mendampingi orang tua dalammengoptimalkan perkembangan anak usia dini.

Program ini menggunakan sistem berlangganan dengan paket yang dikirimkan ke rumah setiap bulan. Kodomo Challenge dirancang agar anak dan orang tua dapat belajar sambil bermain bersama menggunakan media multiplatform, yaitu Buku Bergambar, Mainan Edukasi, serta Video Edukasi.

“Dengan pengalaman selama 60 tahun lebih mengembangkan pendidikan di Jepang, Benesse sangatmemahami betapa pentingnya periode perkembangan anak usia dini yang akan mempengaruhikehidupan mereka pada masa depan. Kami bekerja sama dengan para ahli Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD) untuk menyusun program edukasi yang seimbang dan komprehensif sesuai denganperkembangan anak Indonesia. Kodomo Challenge ingin mengampanyekan kepada orang tua untukmenikmati waktu berkualitas sambil membangun motivasi dan kepercayaan diri anak,” ujar PresidentDirector PT Benesse Indonesia, Daisuke Okada di acara Kodomo Challenge Touch & Try hari ini.

Ketua Asosiasi Pendidikan Guru PAUD, Dr. Sofia Hartati., M.Si memaparkan bahwa periode goldenage (5 tahun pertama dalam kehidupan anak) merupakan tahapan terpenting dalam perkembanganfisik, intelektual, emosional, dan sosial. Oleh karena itu, orang tua perlu mendukung pertumbuhandan perkembangan anak, dengan menyediakan lingkungan yang mampu menstimulasi rasa ingin tahumereka dan memberikan berbagai pengalaman yang menyenangkan.“Bermain adalah cara anak usia dini dalam belajar tentang dunianya.

Melalui bermain, anak belajaruntuk mengembangkan berbagai macam kemampuan yang akan bermanfaat untuk menjalani duniaakademisnya nanti, seperti kemampuan motorik kasar, motorik halus, personal dan sosial, sertakognitif,” ujar Nadya Pramesrani, M.Psi, Psi – Psikolog Keluarga yang juga Co-Founder RumahDandelion.

Saat ini, Kodomo Challenge tersedia dalam dua pilihan program, Toddler (untuk anak usia 1-2 tahun)dan Playgroup (untuk anak usia 2-3 tahun). Metode pembelajaran yang disediakan oleh Kodomo Challenge memiliki tiga keunggulan.

Pertama, menggunakan pendekatan multi-platform, denganvideo, buku bergambar, dan mainan yang terintegrasi satu sama lain. Kedua, kurikulum dan materiyang sesuai dengan perkembangan usia anak. Ketiga, menghadirkan sosok learning buddy, Shimajiro.

Shimajiro adalah karakter edukatif nomor satu di Jepang yang berperan sebagai teman belajar anak.Bersama Shimajiro, rasa ingin tahu dan motivasi anak akan meningkat. Misalnya, saat anak sedangsusah makan, orang tua bisa menjadikan Shimajiro sebagai contoh sehingga anak termotivasi untukmakan.

“Kami secara rutin mengadakan acara Kodomo Challenge Touch & Try. Acara ini diperuntukkan bagikeluarga yang ingin mengenal lebih jauh program Kodomo Challenge. Di sana mereka bisa mendapatinformasi lengkap seputar Kodomo Challenge, mencoba isi paket Kodomo Challenge, berkonsultasidengan tim edukasi, serta menyaksikan pertunjukan spesial dari Shimajiro. Dalam rangka merayakanulang tahun Shimajiro, kami menyelenggarakan Kodomo Challenge Touch & Try: Spesial Ulang TahunShimajiro,” ujar Senior Marketing Manager PT Benesse Indonesia, Takashi Kimura.

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS