Informasi

Presiden Jokowi Resmikan Layanan Kereta Api ke Bandara Soekarno-Hatta




Peresmian kereta ke bandara soekarno-hatta

Layanan transportasi kereta ke Bandara Soekarno-Hatta diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (2/1/2017). Inovasi dan layanan KA Bandara ini memberikan kepastian, kecepatan, dan kenyamanan terhadap penumpang dan wisatawan.

Turut hadir mendampingi Presiden, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur Banten Wahidin Halim, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulkifli, Dirut AP2 Muhammad Awaludin, Dirut PT KAI Edi Sukmoro, dan Dirut Railink Heru Kuswanto.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pagi ini saya resmikan pengoperasian kereta Bandara Soekarno-Hatta," ujar Joko Widodo saat meresmikan KA Bandara.

Kerja sama berbagai pihak
Presiden mengatakan, peresmian KA Bandara ini juga menunjukkan kerja keras dari berbagai pihak. Utamanya BUMN yang sudah running tiga tahun.

"Alhamdulillah setelah tiga tahun, kerja keras untuk menyelesaikan kereta Bandara Soekarno-Hatta akhirnya bisa kita resmikan, pagi ini," ujar Jokowi.

Imbasnya diyakini bakal sangat dahsyat. Ke depan, setelah terintegrasi dengan MRT, LRT, kereta cepat, maka akan banyak masyarakat yang tidak lagi menggunakan mobil pribadi.

"Nanti semuanya mau pindah transportasi massal umum yang aman dan nyaman," ujar Presiden.

Presiden yang hadir dengan mengenakan kaos lengan panjang dan sepatu kets, usai peresmian, kemudian mencoba langsung KA Bandara menuju Stasiun Sudirman Baru.

Usai mencoba KA Bandara, Presiden pun langsung melemparkan pujian untuk kereta bandara.

"Kalau kita lihat keretanya bagus-bagus dan nyaman. Dan Yang paling penting tepat waktu. 55 menit. Sangat cepat," katanya.

Menpar Arief Yahya melihat, ini sebagai bentuk konkret keseriusan dan komitmen Presiden Joko Widodo dalam membangun pariwisata secara total. Semua lini, semua ruang diorkestrasi untuk memperkokoh fondasi soliditas pariwisata. Jika CEO negara ini sudah mengarahkan haluan ke sektor pariwisata, Menpar makin yakin atmosfer itu akan semakin cepat terwujud. "Terima kasih Pak Presiden," kata Menpar Arief Yahya.

10 rangkaian kereta
KA Bandara Internasional Soekarno-Hatta memiliki total 10 rangkaian yang berkapasitas penumpang secara keseluruhan yaitu sekitar 272 orang. Beroperasi dengan rencana operasional yaitu 03.21 sampai dengan 22.51 WIB setiap harinya dengan total 42 perjalanan pp dengan durasi perjalanan yang ditempuh sekitar 55 menit.

“Semuanya sangat keren. Customer interfacing unit kita, semuanya diset dengan global standard. Bandaranya jadi sangat ramah wisatawan. Kalau seluruh proses kerja ini bisa kita sistemkan, maka kita akan betul-betul bisa mengendalikan perang-perang yang kita jalankan dan memastikan kemenangan," ujar Arief Yahya.

share to whatsapp