Informasi

Jadwal, Rute, dan Tarif Layanan Kereta Api ke Bandara Soekarno-Hatta




Jadwal kereta api ke Bandara Soekarno-Hatta

KA Bandara Internasional Soekarno-Hatta memiliki total 10 rangkaian yang berkapasitas penumpang secara keseluruhan yaitu sekitar 272 orang. Beroperasi dengan rencana operasional yaitu 03.21 sampai dengan 22.51 WIB setiap harinya dengan total 42 perjalanan pp dengan durasi perjalanan yang ditempuh sekitar 55 menit.

Kementerian Perhubungan telah menetapkan dan memberlakukan tarif promo mulai dari 26 Desember 2017 sampai dengan 1 Januari 2018 dengan harga sebesar Rp 30.000. Namun terhitung mulai 2 Januari 2018, akan berlaku tarif sebesar Rp 70.000. Nantinya tarif tersebut berlaku untuk seluruh stasiun yang melayani tujuan Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan sistem pembayaran cashless (nontunai).

Rute kereta api ke bandara
Rute KA Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan melewati Stasiun Manggarai - Stasiun Sudirman baru (BNI City) - Stasiun Duri - Stasiun Batu Ceper - Stasiun Soekarno-Hatta, dan begitupun sebaliknya dari arah bandara.

Namun, untuk tahap awal KA bandara baru melayani naik turun penumpang dari tiga stasiun yaitu Stasiun Sudirman Baru (BNI City), Stasiun Batu Ceper dan Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Fasilitas penunjang lainnya yang dapat dimanfaatkan penumpang untuk mobilitas perpindahan antar teminal setelah tiba di Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta yaitu adalah Sky Train atau Kereta Layang (KALAYANG).

Sky Train atau KALAYANG di Bandara Internasional Soekarno-Hatta beroperasi selama 20 jam sehari mulai pukul 04.27-00.17 WIB dimana waktu tersebut menyesuaikan dengan jadwal kedatangan KA bandara di Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan empat jam sisanya dialokasikan untuk daily maintenance dan istirahat.

Cara pembelian tiket kereta api ke Bandara Soekarno-Hatta
Vending machine hanya melayani tiga cara pembayaran yaitu kredit, debit dan uang elektronik. Pembelian juga bisa dilakukan lewat aplikasi dan situs resmi railink.

Adapun cara pembelian tiketnya sebagai berikut:
1. Memilih menu booking tiket
2. Mengisi pilihan stasiun tujuan. Jika berangkat dari Stasiun Sudirman Baru atau BNI City, stasiun tujuan yang tersedia sementara yaitu stasiun Batu Ceper dan Stasiun Soekarno Hatta International Airpot (SHIA).
3. Memilih jam keberangkatan dan lihat ketersediaan tiket
4. Mengisi biodata yang mulai hari ini hanya terdiri nomor telepon
5. Memilih mode pembayaran. Pilihannya, menggunakan debit, kredit dan uang elektronik
6. Setelah pembayaran dinyatakan sukses, tiket akan keluar lengkap dengan nomor dan barcode


share to whatsapp