Desa Biru, Majalaya, Lolos Empat Besar Ikut Lomba Desa Tingkat Nasional





Desa Biru Kecamatan Majalaya Wakili Jabar di Lomba Desa Tingkat Nasional 2017

Desa Biru, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, diklarifikasi oleh Tim Re-Checking evaluasi perkembangan desa/kelurahan Provinsi Jawa Barat untuk tahapan Lomba Desa Tingkat Nasional mewakili Jabar.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat Drs. M.A Afriandi, MT mengungkapkan, Desa Biru, Kecamatan Majalaya adalah salah satu dari 5.312 Desa di Jawa Barat yang memenuhi kriteria pada Lomba Desa tingkat Nasional.

“5.312 desa di Jabar yang diikutsertakan dalam lomba desa, menghasilkan 18 Kabupaten dan 19 Kota. Setelah hasil penilaian dan rapat pleno, hanya 4 Kabupaten yang lolos yakni Kabupaten Bandung, Bekasi, Indramayu, dan Kabupaten Pangandaran,” ungkapnya usai melakukan evaluasi dan klarifikasi penilaian lomba desa yang digelar di Aula Kantor Desa, Biru Kecamatan Majalaya, Kamis (15/6/2017).

Penilaian berbeda dengan tahun sebelumnya
Lebih lanjut Afriandi menuturkan, penilaian Lomba Desa tahun 2017 tersebut dilakukan berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Tahapan yang dilakukan tahun lalu, hanya menilai administrasi dan kinerja dari tingkat desa dan kelurahan.

Sedangkan untuk tahun 2017, penilaian dilakukan mulai dari administrasi dan kinerja pemerintah kabupaten bersangkutan, kecamatan lalu ke tingkat desa dan kelurahan.

“Indikator penilaian tahun ini agak berbeda, mulai dari tahapan adminsitrasi dan kinerja Pemerintah Kabupaten, Kecamatan lalu desa dan kelurahan. Sehingga jika tingkat kabupaten tidak bisa menunjukan dokumen administrasi yang jelas sesuai dengan kondisi lapangan, maka akan mempengaruhi penilaian,” tambah Afriandi.

Selanjutnya, menurut Afriandi indikator lain yang dijadikan penilaian yakni dari kinerja pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. Sebagai nilai tambah ucapnya, desa juga harus memilki sistem siaga bencana, kawasan investasi yang menjanjikan dan hadirnya terobosan inovasi dari Kepala Desa sendiri.

“Untuk penilaian tahap akhir yakni, uji kompetensi bagi Kepala BPD, Ketua PKK dan kompetensi kemampuan Kepala Desa dalam menyampaikan ekspose wilayahnya, juga terobosan atau inovasi apa saja yang sudah dilakukan,” imbuhnya.

Gun Gun: Desa Biru akan memiliki daya saing kinerja yang tinggi
Menanggapi hal itu, Wakil Bupati (Wabup) Bandung H. Gun Gun Gunawan,S.Si.,M.Si mengapresiasi dan bangga, Kabupaten Bandung lolos empat besar lomba desa, yang nantinya akan mewakili Jabar di tingkat nasional.

Menurut Gun Gun, keberhasilan tersebut merupakan kerja keras bersama seluruh jajaran yang terlibat. Dia berharap, Desa Biru bisa menjadi percontohan untuk desa lain di Kabupaten Bandung, dalam menjalankan pemerintahannya yang baik, penataan dan pengelolaan kewilayahan juga kemasyarakatannya.

“Ini adalah kerja keras semua pihak, intinya peningkatan kinerja jajaran pemerintahan mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga Pemdes, kami harap bisa dijadikan contoh untuk bekerja dengan semangat sabilulungan,” tandas Wabup.

Tahap penilaian yang dilakukan di Kabupaten garut beberapa waktu lalu, adalah seleksi administrasi dan hasilnya Kabupaten Bandung telah lolos mewakili wilayah priangan.

Maka dengan klarifikasi kali ini yang melibatkan birokrat, akademisi, PKK Provinsi Jabar dan Praktisi, kata Gun Gun Desa Biru Kecamatan Majalaya akan memiliki daya saing kinerja yang tinggi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya. (SP)

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS