Informasi

Pelajar SMA/SMK, Ayo Ikuti Belajar Bersama Maestro 2018




Belajar Bersama Maestro 2018

Belajar Bersama Maestro merupakan sebuah wadah bagi para peserta didik untuk terlibat langsung dalam proses kreatif dan keseharian para seniman Indonesia. Melalui kegiatan ini, peserta didik akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi tatap muka dan memperoleh pelajaran hidup yang berharga dari kehidupan para Maestro.

Selain bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai seni dan kebudayaan, Belajar Bersama Maestro juga diharapkan mampu membentuk dan memperkuat jati diri peserta didik sebagai penentu karakter bangsa di masa depan.

Untuk tahun ini, Program Belajar Bersama Maestro (BBM) 2018 resmi diluncurkan, Selasa (15/5/2018) di rumah seniman Djoko Pekik, di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bersamaan dengan itu, secara resmi dibuka pula pendaftaran BBM 2018 pada laman bbm.kemdikbud.go.id.  BBM yang kini memasuki tahun keempat pelaksanaan menjadi kesempatan bagi peserta didik untuk mengenal dan memahami secara dekat proses kreatif yang dijalankan para maestro seni.

Dalam acara peluncuran, dua puluh orang maestro seni yang berpartisipasi dalam BBM 2018 hadir dan “ngobrol bareng” dengan peserta didik SMA/SMK sederajat. Para maestro seni yang terlibat adalah para seniman yang telah memiliki reputasi mumpuni, baik di skala nasional maupun internasional.

Para seniman tersebut, di antaranya: Didik Nini Thowok (Yogyakarta), Gilang Ramadhan (Jakarta), Manteb Soedharsono (Surakarta), Ayu Laksmi (Bali), Djaduk Ferianto (Yogyakarta), Djoko Pekik (Yogyakarta), Arief Yudhi (Majalengka), Putu Sutawijaya (Yogyakarta), Dindon WS (Jakarta), Miroto (Yogyakarta), Angki Purbandono (Yogyakarta), Nasirun (Yogyakarta), Ni Nyoman Tjandri (Bali), Wangi Indriya (Indramayu), Hanafi (Jakarta), Irwansyah Harahap (Medan), Iswadi Pratama (Lampung), Ni Ketut Arini (Bali), Fendi Siregar (Jakarta), dan Made Sidia (Bali).

“Program ini nantinya akan memperkuat pada dimensi karakter olah rasa, memperkuat dimensi estetik pelajar, untuk melahirkan individu yang memiliki integritas moral, rasa berkesenian, dan berkebudayaan,” jelas Direktur Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Restu Gunawan.

Bagi peserta didik SMA/SMK sederajat yang berminat mengikuti BBM salah satu syarat utamanya adalah harus memiliki dasar pengetahuan di bidang seni. Selain itu calon peserta harus membuat tulisan sebanyak tiga ratus kata dengan tema “Hubungan Seni dan Penguatan Karakter”. Peserta juga diwajibkan membuat video promosi diri mengenai motivasi mengikuti kegiatan BBM dalam durasi dua menit dan diunggah pada laman Belajar Bersama Maestro.

Pendaftaran Belajar Bersama Maestro dapat dilakukan melalui laman bbm.kemdikbud.go.id mulai tanggal 15 Mei hingga 2 Juni 2018, sedangkan pengumuman peserta lolos seleksi pada 13 Juni 2018. (Prani Pramudita/Kemendikbud)