Informasi

Kunjungan Kerja Disdik Kab. Banyumas ke Disdik Kota Bandung




Disdik Banyumas ke Disdik Kota Bandung

Pada Rabu, 16 Mei 2018, pukul 09.00 WIB, Dinas Pendidikan Kota Bandung menerima kunjungan kerja dari Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas. Sengaja datang untuk melakukan studi komparasi tentang dunia pendidikan. Rombongan diterima oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana, Kepala Sub Bagian Program data dan Informasi Pupung Puspitawati serta tim dari Diskominfo Kota Bandung

Hadir sebanyak 20 peserta, terdiri dari: Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Kepala Bidang SMP, Kepala Seksi Kurikulum SMP, Pengawas SMP, Kepala Sekolah, Kasubag Perencanaan, guru beserta staff dari jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas.

Dalam sambutannya Elih memaparkan tentang profil Dinas Pendidikan Kota Bandung beserta program program yang telah dibuat. Terkait pengelolaan RKAS, sudah dibuat aplikasi khusus yang terintegrasi dan terhubung ke Pemkot. Perihal aplikasi memang tak semudah yang dibayangkan. Karena harus memberi pelatihan dahulu kepada SDM, khususnya yag ada di sekolah.

Salah satu cara yang dilakukan Disdik adalah memberi pelatihan pada operator Dapodik sekolah untuk kemudian transfer informasi kepada SDM yang lainnya. Penting agar tidak terjadi penyimpangan. Untuk memudahkan dalam verifikasi maka melibatkan kepala sekolah, pengawas, kasi kelembagaan dan berakhir di Kepala Dinas.

Dapodik Bandung adalah duplikasi dari Dapodik pusat, yang mana dengan Dapodik khusus ini Disdik mempunyai kemudahan. Salah satunya mempunyai data yang lengkap yang sama dengan data di pusat namun keunggulannya adalah bisa input data ketika diperlukan. Selalu uptodate, itu intinya.

Sakoja sebagai salah satu peningkatan mutu layanan. USBN SMP telah menggunakan sistem Sakoja. Dan dengan Sakoja mempermudah transfer ilmu karena bisa dilakukan di mana saja. Aplikasi lain yang menjadi unggulan Disdik adalah Tongsis “ToongSiswa” yang mana dengan aplikasi ini orang tua dapat memantau keadaan putra putrinya di sekolah. Semua dibuat secara transparan sebagai bentuk publikasi data kepada masyarakat.

Di akhir kunjungan, rombongan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Dinas pendidikan Kota Bandung. Berharap mudah mudahan dapat mengadopsi aplikasi unggulan Disdik Bandung untuk dikembangkan di Kabupaten Banyumas nantinya. (Niradea – Disdik Bandung)