Informasi

Kadisdik Kota Bandung Tutup Workshop Pemutakhiran Data SD 2018




Penutupan Workshop Pemutakhiran Data SD Kota Bandung 2018

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana berkenan menutup acara kegiatan Workshop Pemutakhiran Data Sekolah Dasar Tahun 2018. Acara yang diikuti 274 operator di SD Negeri ini ditutup Pukul 11.30 di Grand Hotel Lembang Kabupaten Bandung Barat, Selasa, 9 Mei 2018.

Pada kesempatan tersebut Kadisdik mengharapkan agar kegiatan ini mampu menjadikan tenaga pendidik dan kependidikan semakin hebat, mampu memberi contoh yang mengikuti kekinian dan tidak konvensional.

"Sekolah yang tidak mengikuti perkembangan jaman maka akan tertinggal", tuturnya.

Sekolah adalah miniatur pendidikan tempat anak anak belajar dan memberi warna lain dalam kehidupan pendidikan. Operator bukan sekedar juru ketik, teknisi atau juru input data tapi komponen penting yang berpengaruh terhadap kemajuan pendidikan.

Walaupun bekerja di belakang layar, jarang terekspos, diharap menjadi inspirasi bagi semua anak anak. Para operator adalah bagian pendidikan yang secara sadar sangat berpengaruh terhadap kemajuan pendidikan. Diharap semua mampu memberi pelayanan yang maksimal. Bagaimana memajukan kebijakan agar semua tenaga kependidikan baik PNS maupun NonPNS mampu mendorong terus dalam memberi pelayanan yang profesional.

“Setelah pulang dari sini diharap lebih piawai. Semua lebih berkomitmen agar mampu mengupdate data sebaik mungkin. Berkolaborasi dengan pihak sekolah untuk mencapai tujuan bersama. Lebih diingatkan agar jangan hanya bekerja menekuni bidangnya saja namun harus mampu bersyiar agar budaya TIK, budaya digital mampu berkembang dengan baik,” tutur Kadisdik mengakhiri arahannya.

Narasumber di hari ke dua adalah Yufrizal dari bidang P3TK dan Ace Aliyudin dari Program data dan Informasi Dinas Pendidikan Kota Bandung dengan materi DAPODIK. Dijelaskan tentang bagaimana cara update data Dapodik yang benar. Yang harus diingatkan kembali adalah yang bertindak input data di setiap sekola adalah operator. Kedepannya antara Dapodik dan absensi akan ngelink langsung ke Dirjen GTK. Update data dapodik tidak hanya jumlah siswa atau guru saja. Namun juga update data lainnya, misalnya ijazah, pangkat/gol, dan lain lain.*(Niradea – Disdik Bandung)